287. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-LKPD

Authors

  • Lailatul Lutfiyah
  • Achmad Buchori
  • Dwi Astuti

Keywords:

pembelajaran berbasis masalah, E-LKPD, keaktifan belajar, kemampuan pemecahan masalah matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keaktifan belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-9 SMA Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 36 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian yaitu lembar observasi, tes dan angket yang ketiganya dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase ketuntasan individual secara keseluruhan meningkat dari siklus I sampai siklus II yaitu 44% menjadi 78%. (2) adanya peningkatan aktivitas peserta didik dilihat dari hasil observasi yaitu aktivitas visual dari 71% menjasi 78%, aktivita slisan dari 63% menjadi 72%, aktivitas mendengarkan dari 70 % menjadi 79%, dan aktivitas menulis dari 67% menjadi 77%. (3) peninkatan aktivitas peserta didik juga terlihat dari hasil angket, dimana peserta didik yang masuk kategori keaktifan  tinggi dari 11 menjadi 17 peserta didik dan sangat tinngi dari 7 menjadi 10 peserta didik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan E-LKPD pada materi Peluang di salah satu sekolah di Kota Semarang terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keaktifan belajar peserta didik dalam belajar matematika.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Lutfiyah, L. ., Buchori, A. ., & Astuti, D. . (2023). 287. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-LKPD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2555–2563. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3967

Issue

Section

Prosiding 2023