Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pbl Berbantu Media Konkret Mapel Ipas Kelas 5 Sd

Authors

  • Nor Muhammad Ali Universits PGRI Semarang
  • Duwi Nuvitalia Universits PGRI Semarang
  • Eni Murdhiati Universits PGRI Semarang
  • Nur Rofiatun Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar Kognitif, IPAS

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran IPAS di SDN Kalicari 01 Semarang dengan menggunakan model PBL berbantuan media konkret. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu penelitian tindakan kelas yang dikenal dengan ptk, peneliti akan menuliskan hasil belajar kognitif peserta didik dalam setiap siklus yang dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara sederhana dengan guru kelas, observasi, dan hasil tes tertulis setelah kegiatan pembelajaran. Subjek dalam kegiatan penelitian yaitu peserta didik kelas VA SDN Kalicari 01 Semarang dengan jumlah peserta didik 28 anak, yang terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Melalui kegiatan wawancara peneliti akan memperoleh informasi mengenai karakter dan gaya belajar peserta didik dikelas tersebut, sehingga peneliti akan memperoleh data awal untuk melakukan kegiatan siklus awal. Melalui kegiatan observasi yang dibarengi dengan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPAS materi Melihat karena Cahaya, Mendengar Karena Bunyi, peneliti akan memperoleh data berupa kondisi kelas saat belajar dan gaya belajar peserta didik. Melalui kegiatan tes peneliti akan memperoleh nilai hasil belajar kognitif pesertadidik setelah kegiatan pembelajaran. Sehingga dapat dilakukan perbaikan pada penyampaian selanjutnya dengan materi yang sama. Kegiatan perbaikan dilakukan untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal dari setiap peserta didik, setiap selesai kegiatan pembelajaran dapat dilakukan evaluasi dan refreksi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

References

Arikunto, Suharsini. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ali Hamzah dan Muhlisrarini, Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, (Cet I; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014)

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. 2020. Media pembelajaran. In Media pembelajaran.

Lidinillah, A. M. 2013. Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Inovatif.

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya, 2009)

Nuraini, Fivi. 2017. Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. E- jurnalmitrapendidikan. Vol. 1(4) 369-379.

Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suniana. 2016. Penerapan Pendekatan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bubon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika Vol. 1. No. 4. (Online). Tersedia di http: jim.unsyah.ac.id. Diakses pada tanggal 11 September 2023.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman. Husaini, 2017. Manajemen: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nor Muhammad Ali, Duwi Nuvitalia, Eni Murdhiati, & Nur Rofiatun. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pbl Berbantu Media Konkret Mapel Ipas Kelas 5 Sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2328–2334. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5386

Issue

Section

Prosiding 2023