Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Senam Lantai Gerak Roll Depan Kelas XI G Di SMA Negeri 6 Semarang

Authors

  • Mahardika Respati Putra Armiadi Universitas PGRI Semarang
  • Agus Wiyanto
  • Subagiyo Sri Yahman
  • Ibnu Fatkhuroyana

Keywords:

Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL), Prestasi Belajar, Senam Lantai

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI-G SMA Negeri 6 Semarang. Penelitian ini berlangsung selama 1 bulan dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan hingga pembuatan laporan hasil. Adapun jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu 36 peserta didik kelas XI-G SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2024/2025 pada pembelajaran materi senam lantai roll depan. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada tahap proses pembelajaran yaitu pra siklus 28%, siklus 1 mencapai 53% ketuntasan belajar . Lalu pada siklus 2 diperoleh 86% ketuntasan belajar. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah dilakukan penerapan Model Pembelajaran dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap hasil peningkatan pembelajaran senam lantai roll depan, pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMA Negeri 6 Semarang.

References

Carr, W., & Kemmis, S. (1991). Becoming critical: Education, knowledge and action research (2nd ed.). Falmer Press.

Indriani, D. (2022). Panduan Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Surya Edukasi Press.

Supangat, A. (2021). Strategi Pembelajaran Berdasarkan Level Kemampuan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardani, I. G. A. K. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Bailey, R., Armour, K., Kirk, D., Jess, M., Pickup, I., & Sandford, R. (2009). The educational benefits claimed for physical education and school sport: An academic review. Research Papers in Education, 24(1), 1–27. https://doi.org/10.1080/02671520701809817

Banerjee, A., Banerji, R., Duflo, E., Glennerster, R., & Khemani, S. (2016). Mainstreaming an Effective Intervention: Evidence from Randomized Evaluations of "Teaching at the Right Level" in India. NBER Working Paper No. 22746.

Banerjee, A., & Duflo, E. (2011). Poor Economics: A Radical Rethinking of the Way to Fight Global Poverty. PublicAffairs.

Duflo, E., Kiessel, J., & Lucas, A. (2020). What Works in Education? Evidence from Teaching at the Right Level in Africa. Innovations for Poverty Action.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Pratham Education Foundation. (2018). Teaching at the Right Level (TaRL) Approach.

Slavin, R. E. (2009). Educational Psychology: Theory and Practice (9th ed.). Pearson Education.

Tomlinson, C. A. (2014). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. ASCD.

Siedentop, D. (2009). Introduction to Physical Education, Fitness and Sport (7th ed.). McGraw-Hill.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Putra Armiadi, M. R., Wiyanto, A., Sri Yahman, S., & Fatkhuroyana, I. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Senam Lantai Gerak Roll Depan Kelas XI G Di SMA Negeri 6 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020340. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7349

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.