Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Dengan Penerapan Model PBL Pada Siswa Kelas V SD Supriyadi Semarang
Keywords:
Hasil Belajar, pengukuran, Model Problem Based Learning (PBL), matematika.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Supriyadi Semarang pada materi pengukuran sudut melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dari 42,3% ketuntasan pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian, PBL dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang relevan dan menyenangkan.
References
Abdullah, M. (2022). LEMBAGA PENDIDIKAN SEBAGAI SUATU SISTEM SOSIAL (Studi Tentang Peran Lembaga Pendidikan di Indonesia Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Mamba'ul'Ulum, 38-48.
Acim, A., Maysuri, T., & Sopacua, J. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sma Negeri 3 Maluku Tengah. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 566-580.
Arif, S., & Oktafiana, S. (2023). Penelitian tindakan kelas.
Asmara, A., & Septiana, M. P. A. (2024). Model Pembelajaran Berkonteks Masalah. Cv. Azka Pustaka.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61-69.
Gulo, A. (2022). Penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307-313.
Khamalah, N. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Jurnal kependidikan, 5(2), 200-215.
Mulia, S., & Murni, S. (2022). Implikasi Pembelajaran Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Kemajuan Kognitif Siswa. SEARCH: Science Education Research Journal, 1(1), 1-11.
Siswanti, A. B., & Indrajit, R. E. (2023). Problem based learning. Penerbit Andi.
Sugiyono, (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Windasari, I. W., & Dheasari, A. E. (2023). Studi Literatur Pembelajaran Media Geometri Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85-93