PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PUISI DI KELAS IV SD SUPRIYADI SEMARANG

Authors

  • Elsa Eri Asmara Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang
  • Ulin Nafiah SD Supriyadi Semarang
  • Naeli Ulfiyani SD Supriyadi Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Puisi, Sekolah Dasar, Kelas IV

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan materi puisi siswa kelas IV C melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Pada Siklus I, dari 24 siswa, hanya 50% yang mencapai nilai ketuntasan minimal (≥ 70) dengan rata-rata kelas 78, sehingga ketuntasan klasikal belum terpenuhi. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian siswa belum mampu menguasai materi secara optimal karena kurang terbiasa dengan pendekatan pembelajaran yang menuntut aktivitas berpikir kritis dan kolaboratif. Berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi, dilakukan perbaikan strategi pembelajaran pada Siklus II dengan memberikan bimbingan lebih intensif, contoh konkret, dan pendekatan yang lebih menyenangkan untuk meningkatkan motivasi serta kepercayaan diri siswa. Pada Siklus II, hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan, di mana 22 siswa (92%) mencapai nilai ketuntasan minimal dengan rata-rata kelas meningkat menjadi 88. Hasil ini telah memenuhi kriteria keberhasilan ketuntasan klasikal minimal 92%. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa perbaikan strategi pembelajaran menggunakan model PBL berhasil meningkatkan penguasaan materi puisi siswa secara efektif. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa dalam memahami dan menulis puisi secara signifikan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan PBL secara berkelanjutan untuk pembelajaran materi yang bersifat kreatif dan interpretatif.

Author Biography

Elsa Eri Asmara, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

References

Agustin, N. E., & Nuroh, E. Z. (2024). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 93–100.

Agustin, N. E., & Nuroh, E. Z. (2024). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 93–100.

Arends, R. (2022). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.

Fitri, R., & Nurjanah, E. (2021). Penerapan Model Spiral Kemmis dan McTaggart dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(2), 123–131.

Hidayati, N., Dewi, R. K., & Putri, A. S. (2024). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 56-67.

Indrawati, D., & Kusuma, E. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 101-110.

Kemdikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen.

Lestari, P. D. (2023). Pembelajaran Puisi sebagai Upaya Pengembangan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kreativitas Pendidikan, 6(1), 45-53.

Mariskhantari, M., Suryani, N. R., & Tahir, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi melalui Model PBL. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 39–49

Nugraha, R., & Susilo, H. (2022). Model Pembelajaran Abad 21 dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3), 210-219.

Putra, M., Wulandari, S., & Kurniawan, F. (2023). Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Abad 21: Kajian Teoretis dan Praktis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2), 80-89.

Rahayu, T., & Santoso, B. (2022). Kendala Pembelajaran Puisi di Sekolah Dasar dan Upaya Pengatasannya. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 75-85.

Rahmawati, S., Firmansyah, A., & Santosa, R. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 10(1), 30-40.

Rismiyani, D. A., Rosdiana, R., & Mulya, R. Y. W. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Puisi. Sastranesia, 10(1), 74–88.

Rusman. (2023). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, D. P., & Lestari, H. (2022). Penggunaan Model Problem Based Learning dalam Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 6(1), 45–54.

Sari, D. P., & Putra, A. (2023). Mengembangkan Kompetensi Literasi Melalui Pembelajaran Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal Bahasa dan Sastra, 14(1), 12-23.

Sudjana, N. (2023). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, F., Hadi, S., & Prasetyo, E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 89-98.

Yuliana, D., & Hasanah, U. (2023). Refleksi Model PTK Kemmis-McTaggart dalam Perbaikan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasi dan Penelitian, 8(3), 89–97.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Elsa Eri Asmara, Ervina Eka Subekti, Ulin Nafiah, & Naeli Ulfiyani. (2025). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PUISI DI KELAS IV SD SUPRIYADI SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 25030103. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7380

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.