45. Penerapan Model Problem Based Lerning Berbantuan Media Papan Putar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Tema 8 Di SD 1 Payaman
Keywords:
Problem Based Lerning, Papan Putar, Hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan putar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III Tema 8 di SD 1 Payaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas 3 SD 1 Payaman dengan jumlah 25 peserta didik terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh presentase rata-rata sebesar 75% dengan kriteria baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan presentase sebesar 90% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil belajar peserta didik ranah pengetahuan muatan bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 80 dengan presentase ketuntasan sebesar 68% dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 94 dengan presentase ketuntasan sebesar 92%. Sedangkan pada muatan Matematika pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 77 dengan presentase ketuntasan sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II rata-rata nilai menjadi 91 dengan presentase ketuntasan 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media Papan Putar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD 1 Payaman pada tema 8 Praja Muda Karana.