Penerapan Media Pembelajaran Kahoot dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Unsur-Unsur Teks Puisi Peserta Didik Kelas X-2 SMA Negeri 11 Semarang
Keywords:
Keterampilan Berpikir Kritis, Kahoot, Unsur-Unsur Puisi, Penelitian Tindakan Kelas, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 11 Semarang pada materi analisis unsur-unsur teks puisi melalui penerapan media pembelajaran Kahoot!. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menganalisis unsur-unsur puisi, yang tercermin dari hasil evaluasi awal dengan rata-rata nilai 59,2 dan ketuntasan klasikal 25,7%, jauh di bawah KKTP sekolah 75. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang direncanakan akan dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 35 peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 11 Semarang pada tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan meliputi tes kemampuan analisis unsur puisi untuk mengukur keterampilan berpikir kritis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas dan partisipasi peserta didik, serta angket respons peserta didik terhadap penggunaan Kahoot!. Data hasil tes akan dianalisis secara kuantitatif untuk melihat peningkatan hasil belajar dan ketuntasan klasikal, sedangkan data observasi dan angket akan dianalisis secara deskriptif kualitatif.
References
Arrosyad, M. I., Yuliana, F., Nurjannah, S., & Marina, M. (2023). The Effect of Using Kahoot Application on Students’ Critical Thinking Skills in Mathematics. SIMPATI: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(1), 1-10.
Gymnastiar, I. A. (2022). Implementasi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi Digital dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMA Pasundan Banjaran. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 20(1), 69-79.
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-102.
Izabella, D. M., Purnamasari, V., & Darsimah. (2021). Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik melalui model pembelajaran discovery learning muatan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1900-1908. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner (3rd ed.). Deakin University Press.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.
Rochmah, E. N., & Sudrajat, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Kahoot! untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE), 7(1), 50-59.
Saputra, H. D., & Mardliyah, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Teks Anekdot Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(1), 45-56.
Sari, D. P., & Prasetyo, Z. K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(1), 89-99.
Sembiring, A. W., Nisa, K., Situmorang, M. S., Diastami, S. M., & Harahap, M. A. (2021). Peningkatan Mutu Pembelajaran Yayasan Pendidikan Ibnu Halim. Ability : Journal of Education and Social Analysis, 2(3), 116–124. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/841
Susanti, S., Aminah, F., Assa'idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik Indonesia, 2(1), 13-27.
Ulviah, L. (2024). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. SHES (Social, Humanities, and Educational Studies): Conference Series, 7(3), 236-241.
Wicaksono, A. G., Hidayat, A. N., & Setyawan, B. (2022). The Use of Kahoot to Increase Student Engagement in English Learning. Journal of English Language Teaching and Linguistics (JELTL), 7(1), 161-172.