Peningkatan Hasil Belajar melalui Layanan Konseling Siswa Kelas II A SD Negeri Bugangan 03 Semarang melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran

Authors

  • Dhonna Witantri Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Layanan Konseling Siswa, Problem Based Learning, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan siswa dapat diupayakan secara maksimal
dalam pembelajaran maka akan dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas II Semester I Tahun
Pelajaran 2023/2024 SD N Bugangan 03 Semarang. Namun, terdapat tantangan dalam mengukur
secara empiris sejauh mana layanan konseling siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Beberapa
penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling siswa dapat memiliki dampak positif terhadap
kesejahteraan psikologis siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan
untuk mengembangkan keterampilan– ketrampilan atau cara pendekatan baru dan untuk memecahkan
masalah dengan penerapan langsung di dunia pendidikan khususnya pemecahan masalah belajar.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD N Bugangan 03 Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk bimbingan kelompok. Bertujuan untuk
mengembangkan keterampilan–keterampilan, pendekatan baru dalam belajar dan untuk memecahkan
masalah belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode: (a) tes jenis tes tertulis untuk
mengetahui ketuntasan dan hasil belajar siswa, (b) metode observasi dilakukan sebanyak tiga kali yaitu
prasiklus, siklus I, dan siklus II untuk mengetahui ketuntasan ketuntasan belajar siswa. Instrumen atau
alat pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah lembar
tes tertulis dan lembar observasi. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang
ketuntasan siswa dalam ketuntasan pelaksanaan tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa melalui layanan konseling siswa melalui penerapan metode ceramah berbantuan
media pembelajaran dapat meningkatan ketuntasan dan hasil belajar Matematika Kelas II semester 2
SD Negeri Bugangan 03 Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang

References

Sparrow, D. G. (2010). Motivasi bekerja

dan berkarya. Jakarta:

Citra Cemerlang.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2005).

Bimbingan dan konseling di

institusi pendidikan. Yogyakarta:

Media Abadi.

Maher, B. A. (Ed.). (1964–1972). Progress

in experimental personality

research (6 vols.). New

York: Academic Press.

Capra, F. (1999). Titik balik peradaban (M.

Thoyyibi, Trans.). Yogyakarta:

Yayasan Bentang Budaya. (The

Turning Point: Science, Society, and

the rising culture. Original work

published 1982).

McCabe, D. (2005). Cheating: Why

students do It and how we can help

them stop. In A. Lathrop, K. Foss

(Eds.), Guiding students from

cheating and plagiarism to honesty

and integrity: Strategies for change

(pp. 237-246). USA: Libraries

Unlimited.

Tentama, F., Pranungsari, D., & Tarnoto, N.

(2017). Pemberdayaan komunitas

anak jalanan Yogyakarta melalui

bermain peran. Jurnal Pengabdian

Pada Masyarakat, 2(1), 11-18.

Retrieved from

http://ojs.ejournal.id/index.php/pp

m/article/view/74

Andriyanto, R, E., Widiastuti, R., &

Yusmansyah. (2017). Analisis tingkat

ketercapaian tugas perkembangan

karier mahasiswa dan implikasinya

terhadap pelayanan konseling.

Jurnal Pengabdian Pada

Masyarakat, 1(2), 227-234.

Wilkinson, R. (1999). Sociology as a

marketing feast. In M. Collis, L.

Munro, & S. Russell (Eds.), Sociology

for the new millennium. Paper

presented at The Australian

Sociological Association, Monash

University, Melbourne, 7-10

December (pp. 281-289). Churchill:

Celts. →

Makmara. T. (2009). Tuturan persuasif

wiraniaga dalam berbahasa

Indonesia: Kajian etnografi

komunikasi. (Unpublished master’s

thesis) Universitas Negeri Malang,

Malang, Indonesia.

United Arab Emirates architecture.

(n.d.).Retrieved June 17, 2010, from

UAE Interact website:

http://www.uaeinteract.com/

Menteri Perhubungan Republik

Indonesia. (1992). Tiga

undangundang: Perkeretaapian,

lalu lintas, dan angkutan jalan

penerbangan tahun 1992. Jakarta.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Witantri, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar melalui Layanan Konseling Siswa Kelas II A SD Negeri Bugangan 03 Semarang melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2220–2224. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5373

Issue

Section

Prosiding 2023