Implementasi Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Puisi di SMKN 08 Semarang

Authors

  • Shinta Tazkiyatun Nisa' Universitas PGRI Semarang
  • Siti Ulfiyani Universitas PGRI Semarang
  • Arisul Ulumuddin Universitas PGRI Semarang
  • Kalim SMKN 08 Semarang

Keywords:

PTK, TGT, minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran puisi melalui penerapan Teams Games Tournament (TGT). Permasalahan yang ditemukan adalah rendahnya minat peserta didik terhadap materi puisi yang dianggap abstrak sehingga sulit untuk dipahami. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 35 peserta didik kelas X SMKN 08 Semarang. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara, lalu dianalisis dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dari siklus ke siklus. Pada pra siklus, hanya 22% peserta didik yang memiliki minat tinggi. Setelah tindakan pada siklus I, meningkat menjadi 48%, dan pada siklus II mencapai 77%. Pada siklus I digunakan kuis puisi dengan media sticky note, sedangkan pada siklus II digunakan aplikasi digital Zep Quiz. Kedua media tersebut terbukti mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, kompetitif, dan interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model TGT efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran puisi.

Author Biographies

Siti Ulfiyani, Universitas PGRI Semarang

Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang

Arisul Ulumuddin, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pascasarjana, UPGRIS

Kalim, SMKN 08 Semarang

Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMKN 08 Semarang

References

Anjani, Rahmi Rida. 2024. Implementasi Pembelajaran TGT Berbantuan Question Card Berbasis CRT Guna Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(4).

Azhary, Fitriyani. 2023. Pengaruh Model Kooperatif Team Games Tournament Terhadap Hasil Pembelajaran Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP IT Nurul Ilmi 2 Kota Jambi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, 12(2).

Creswell, Jhon W. (2019). Research Design (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jannah, Nila, R., dkk 2024. Penerapan Model Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Keterampilan Kolaboratif Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Education and Pedagogy, 1(2), 47.

Rahmawati, D. 2021. Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sastra Melalui Inovatif. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 45-52.

Marwati, Eka dkk. 2023. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) Kelas IV SD Negeri Plaosan 1. JPT: Jurnal penelitian Tambusai 7(1).

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur’afifah, Uci Ulfa. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament dalam Penulisan Puisi di Kelas II SDN Kedunggalar. EDUKASA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2).

Tanjung, R. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Abad 21 pada Peserta Didik. Jakarta: Pustaka Edukasi Nusantara.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Nisa', S. T., Ulfiyani, S., Ulumuddin, A., & Kalim. (2024). Implementasi Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Puisi di SMKN 08 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010129. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7399

Issue

Section

Pendidikan Bahasa Indonesia

Similar Articles

<< < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.