288. Penerapan Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Nafiqoh Elsa Kartikaningtyas
  • Heni Purwati
  • Pratomo Budiargo

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas X-6 di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Dari 36 siswa hanya 11 siswa yang mencapai KKM yaitu sekitar 31%. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas X-6 menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-6 Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui hasil observasi dan tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi statistika. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa sebelum tindakan yang mencapai KKM  hanya 11 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 31%. Kemudian pada siklus I siswa yang mencapai KKM hanya 21 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 58%. Siklus II siswa yang mencapai KKM 32 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 89%.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Kartikaningtyas, N. E. ., Purwati, H. ., & Budiargo, P. . (2023). 288. Penerapan Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2564–2573. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3988

Issue

Section

Prosiding 2023