174. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Tata Surya melalui Model Project Based Learning

Authors

  • Rizki Kusumaning Rahayu Universitas PGRI Semarang
  • Ipah Budi Minarti Universitas PGRI Semarang
  • Nunik Farida SMP Negeri 6 Semarang

Keywords:

hasil belajar, motivasi, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 6 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK yang dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan model spiral oleh C. Kemiis dan MC. Taggart. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 6 Semarang dengan jumlah 32 anak. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar dan tes dalam bentuk pilihan ganda dan uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar dengan persentase sebesar 72% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II. Selanjutnya, persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 75% dan siklus II meningkat menjadi 96%. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA melalui model Project Based Learning.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rahayu, R. K., Minarti, I. B., & Farida, N. (2023). 174. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Tata Surya melalui Model Project Based Learning . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1572–1579. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4147

Issue

Section

Prosiding 2023