174. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Tata Surya melalui Model Project Based Learning
Keywords:
hasil belajar, motivasi, Project Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 6 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK yang dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan model spiral oleh C. Kemiis dan MC. Taggart. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 6 Semarang dengan jumlah 32 anak. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar dan tes dalam bentuk pilihan ganda dan uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar dengan persentase sebesar 72% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II. Selanjutnya, persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 75% dan siklus II meningkat menjadi 96%. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA melalui model Project Based Learning.