Penerapan Permainan Modifikasi 3 vs 3 Passing Game Sepakbola untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Siswa SMP Negeri 30 Semarang

Authors

  • Basis Riza Universitas PGRI Semarang
  • Intan Indiyati Universitas PGRI Semarang
  • Bowo dwi Riyanto SMP N 30 Semarang
  • Buyung Kusuma Wardhana

Keywords:

Sepak bola, passing, permainan modifikasi, pjok, ptk

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan passing dalam permainan sepak bola melalui penerapan permainan modifikasi “3 vs 3 Passing Game” pada siswa kelas 7B SMP Negeri 30 Semarang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Pada pra tindakan, 72% siswa tergolong “Belum Mahir”. Pada siklus I, diterapkan permainan “kucing-kucingan” untuk melatih koordinasi dan kontrol bola. Hasilnya menunjukkan peningkatan, namun belum optimal: 19% “Sangat Mahir”, 50% “Mahir”, dan 31% “Belum Mahir”. Refleksi dari siklus I mendorong penerapan “3 vs 3 Passing Game” pada siklus II, yang lebih kontekstual dan kompetitif. Hasilnya lebih signifikan: 38% siswa “Sangat Mahir”, 56% “Mahir”, dan hanya 6% “Belum Mahir”. Permainan modifikasi ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar passing serta menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, aktif, dan bermakna. Pembagian kelompok berdasarkan kemampuan awal memungkinkan setiap siswa belajar sesuai kebutuhannya. Kesimpulannya, “3 vs 3 Passing Game” merupakan strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan sepak bola dasar serta mendorong partisipasi aktif dan kepercayaan diri siswa dalam pelajaran PJOK.

Author Biographies

Intan Indiyati, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi Universitas PGRI Semarang

Bowo dwi Riyanto, SMP N 30 Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi SMP N 30 Semarang

References

Alifia, E., Muhammad, H. N., & Hidayat, T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan TGfU (Teaching Games for Understanding) terhadap Motivasi Belajar pada Materi Keterampilan Kebugaran Jasmani. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 745–761. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.6019

Firdaus, M., & Nurhadi, A. (2024). Pengembangan keterampilan passing dalam sepak bola pada siswa SMP melalui pembelajaran berbasis permainan. Jurnal Olahraga dan Pendidikan, 15(2), 88–102.

Handayani, D., & Santoso, E. (2023). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani yang kontekstual untuk siswa usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3), 213–224.

Hidayat, R., & Lestari, Y. (2023). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan karakter melalui aktivitas olahraga di sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Olahraga, 7(1), 33–45.

Irmayanti, Lutfi B, & Hermutaqien, B. P. F. (2023). PENERAPAN METODE BELAJAR DELIBERATE PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN ETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III UPT SDN 44 DUAMPANUA KAB.PINRANG. Jurnal Inovasi Pedagogik Dan Teknologi, 1(2), 72–77. https://journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jiptek/article/view/77

Nugraha, R., & Saputra, D. (2022). Pengaruh metode pembelajaran tradisional terhadap keterampilan dasar sepak bola siswa SMP. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 8(1), 54–62.

Priambodho, A., & Widodo, A. (2021). Pengaruh Small Sided Games Terhadap Kapasitas Aerobik (Vo2 Max) Pemain Sepakbola. Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(1), 105–114.

Putra, I. G., & Wahyuni, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah menengah. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 5(2), 77–85.

Putri, M. N., & Rahman, F. (2023). Faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran olahraga. Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(1), 92–103.

Ramadhani, C., Masbulan, & Rahmadani. (2023). PENGEMBANGAN KREATIVITAS MAHASISWA MELALUI PRAKTIK DAN MODIFIKASI PERMAINAN: MEMAHAMI AKTIVITAS BERMAIN DAN MANFAATNYA DALAM PERMAINAN BESAR DAN KECIL. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 3(3), 236–247. https://doi.org/10.47006/pendalas.v3i3.501

Ramadhani, T., Sutrisno, E., & Arifin, M. (2023). Pengaruh permainan modifikasi terhadap peningkatan kualitas pengambilan keputusan dalam sepak bola. Jurnal Olahraga dan Kesehatan, 16(1), 67–79.

Santoso, A., Wibowo, H., & Sari, D. (2024). Umpan balik langsung dalam pembelajaran teknik sepak bola berbasis permainan modifikasi. Jurnal Pendidikan Jasmani, 13(1), 101–113.

Sari, P., Anggraini, D., & Yuliani, F. (2022). Pendidikan jasmani sebagai media pengembangan holistik peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 10(2), 129–138.

Weinberg, R. S., & Gould, D. (2019). Foundations of sport and exercise psychology (7th ed.). Human Kinetics.

Wulandari, S., & Prasetyo, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran modifikasi permainan untuk meningkatkan keterampilan dasar siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(4), 243–252.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Riza, B., Indiyati, I., Riyanto, B. dwi, & Wardhana, B. K. (2024). Penerapan Permainan Modifikasi 3 vs 3 Passing Game Sepakbola untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Siswa SMP Negeri 30 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020309. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7414

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.