5. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Peserta Didik Kelas V Dalam Pembelajaran Tematik di SDN Karangsari 1 Demak
Keywords:
Problem Based Learning, Sikap Kerja Sama, TematikAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap kerja sama peserta didik kelas V SDN Karangsari 1 yang disebabkan kurangnya pembiasaan diskusi kelas dan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih konvensional sehingga kurang variasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama peserta didik dalam pembelajaran tematik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Subjek penerima tindakan adalah peserta didik kelas V SD Negeri Karangsari 1 yang berjumlah 48 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan sikap kerjasama peserta didik dalam pembelajaran tematik dengan penerapan model pembelajaran tutor Problem Based Lerning (PBL). Hal ini dapat dilihat pada setiap siklusnya. Pada siklus I mendapat rata-rata persentase sebesar 58% dengan kategori “cukup”, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan rerata persentase mencapai 68% dengan kategori “cukup”, dan siklus III mengalami peningkatan lagi dengan rerata sebesar 84% dalam kriteria “baik”. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap kerjasama peserta didik kelas V dalam pembelajaran tematik di SDN Karangsari 1 Demak