PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN TARL BERBANTUAN LKPD

Authors

  • Elly Putri Sholihah
  • Sugiyanti
  • Rasiman
  • Linda Koes Puji Astuti

Keywords:

Pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah, TaRL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI-7 SMA Negeri 2 Semarang melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada materi statistika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes tertulis berupa uraian dan lembar observasi individu pada pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Banyak subyek dalam penelitian ini adalah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini pada pra siklus persentase tingkat penguasaan kemampuan pemecahan masalah sebesar 44,17%, pada siklus I persentase tingkat penguasaan kemampuan pemecahan masalah sebesar 63,14%, dan pada siklus II persentase tingkat penguasaan kemampuan pemecahan masalah sebesar 80,48%. Selain itu rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa selama kegiatan penelitian adalah pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65,66, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,43%, dan pada siklus II rata-rata belajar siswa sebesar 86,43%.

References

Arends, R. I. (2008). Learning to teach: Belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Mathema jurnal pendidikan matematika, 1(1), 31-3. (n.d.).

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hidayati, R. M., & Wagiran, W. (2020). Implementation of problem-based learning to improve problem-solving skills in vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(2).

IEA. (2018). International Results in Mathematics. TIMSS & PIRLS International Study Center: Lynch School of Education, Boston College.

Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran Dengan Pendekatan Tarl Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. 9(1), 59–74.

Kurniawan Rangkuti, R., Azhar Ritonga, W., & Idris Ritonga, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (Vol. 01, Issue 01). Pendidikan Matematika.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Teacher Mathematics inc

Ningsyih, S., Yulianci, S., Septian Haryati, M., & Taman Siswa Bima, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Melalui Pembelajaran TaRL pada Program Gemar Literasi Sekolah Dasar. In Seminar Nasional INOVASI Tahun.

Rangkuti, R. K., Ritonga, W. A., & Ritonga, S. I. (2020). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15-21.

Sabrina, F. N., Wulandari, T. C., & Harminto, H. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Teaching At The Right Level. Edupedia, 7(2), 206-216.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Elly Putri Sholihah, Sugiyanti, Rasiman, & Linda Koes Puji Astuti. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN TARL BERBANTUAN LKPD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 62–71. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5778

Issue

Section

Matematika

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>