235. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Jam Analog pada Materi Konversi Satuan Waktu Siswa Kelas II SD Negeri Karangsari 1
Keywords:
Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Konversi Satuan WaktuAbstract
Penelitian bertujuan meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan media jam analog pada siswa kelas II SD Negeri Karangsari 1 tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 23 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif komparatif dengan rata-rata dan persentase ketuntasan keseluruhan siswa. Hasil penelitian dari penerapan media konkret jam analog pada muatan pembelajaran Matematika kelas II SD Negeri Karangsari 1 disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa, dapat dilihat dari presentase ketuntasan keseluruhan siswa pra siklus sebesar 39% dari 23 siswa. Pada siklus I presentase ketuntasan keseluruhan siswa meningkat sebesar 57% dari 23 siswa, dan siklus II meningkat menjadi 91% dari 23 siswa dengan nilai rata-rata 93. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar Matematika mulai tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Dengan demikian penggunaan media jam analog dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II SD Negeri Karangsari 1.