235. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Jam Analog pada Materi Konversi Satuan Waktu Siswa Kelas II SD Negeri Karangsari 1

Authors

  • Ayunita Hisbadina Tauqifa Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Universitas PGRI Semarang
  • Juanah SD Negeri Karangsari

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Konversi Satuan Waktu

Abstract

Penelitian bertujuan meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan media jam analog pada siswa kelas II SD Negeri Karangsari 1 tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 23 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif komparatif dengan rata-rata dan persentase ketuntasan keseluruhan siswa. Hasil penelitian dari penerapan media konkret jam analog pada muatan pembelajaran Matematika kelas II SD Negeri Karangsari 1 disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa, dapat dilihat dari presentase ketuntasan keseluruhan siswa pra siklus sebesar 39% dari 23 siswa. Pada siklus I presentase ketuntasan keseluruhan siswa meningkat sebesar 57% dari 23 siswa, dan siklus II meningkat menjadi 91% dari 23 siswa dengan nilai rata-rata 93. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar Matematika mulai tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Dengan demikian penggunaan media jam analog dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II SD Negeri Karangsari 1.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Tauqifa, A. H., Rasiman, & Juanah. (2023). 235. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Jam Analog pada Materi Konversi Satuan Waktu Siswa Kelas II SD Negeri Karangsari 1. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2091–2099. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4287

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)