Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantu LKPD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Keywords:
hasil belajar, problem based learning, LKPDAbstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMAN 2 Semarang dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek 36 siswa kelas X-2 pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan observasi. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Uji N-Gain (Gain Ternormalisasi) dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan penelitian tindakan kelas tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu LKPD. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari (1) capaian rata-rata nilai kemampuan kognitif siswa pada pra-siklus 50,56 naik 20,27 menjadi 70,83 pada siklus-1 dan naik 12,95 menjadi 83,78 pada Siklus-2 (2) presentase ketuntasan siswa mencapai KKM 75 sebelum tindakan 13,89% pada akhir siklus meningkat menjadi 80,56%. (3) hasil analisis N-Gain yang telah dilakukan pada kegiatan pra-siklus sampai akhir siklus sebesar 0,44 dengan kategori sedang.
References
Ahmad, A., Habib Ratu Perwira Negara, Kiki Riska Ayu Kurniawati, & Farah Heniati Santosa. (2019). Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Kegitan Bimbingan Belajar. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 189–198.
Aini, H. N., & Fathoni, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Budaya Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6167–6174.
Andri, J., S B, W., & B, S. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 410–415.
Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104.
Arifah, N. A., Musyafanah, Q., Listyarini, I., Wakhyuni, T., Prajabatan, M. P., Universitas, D., Semarang, P., & Sd, G. (2023). Analisis Problem Based Learning Berbantu Lkpd (Lembar Kerja Peserta Didik) Pada Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kelas Iii. Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 2023.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Rineka Cip).
Asmaranti, W., Pratama, G. S., & Wisniarti. (2018). Desain Lembar kerja Peserat Didik (LKPD) Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan Karakter. Seminar Nasionall Etnomatnesia, 639–646.
Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.
Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1), 86.
Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.
Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, M. C. B. (2019). Problem-based learning as an effort to improve student learning outcomes. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1140–1143.
Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274–1290.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Dalam Meningkatkan Aktivitas, Minat, Dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X. Sebatik, 23(2), 489–497.
Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159.
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67.
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744.
Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Tecnoscienza, 2(1), 43–52.
Widayanti, Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 166.
Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174.