Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Discovery Learning Materi Peluang Kelas XI SMK N 2 Semarang
Keywords:
Keaktifan, Prestasi Belajar, Alat PeragaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik melalui pembelajaran discovery learning materi peluang dengan berbantuan alat peraga di kelas XI PM 2 SMK N 2 Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Tempat penelitian di SMK Negeri 2 Semarang dengan lama waktu penelitian dari April – Mei 2024. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI PM 2 SMK N 2 Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Data penelitian diambil dari hasil belajar peserta didik kelas XI PM 2 SMK N 2 Semarang. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif uji gain ternormalisasi untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik. Data kualitatif dianalisis dengan mempertimbangkan pedoman penskoran yang diterapkan pada instrumen penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dalam pembelajaran materi peluang pada peserta didik kelas XI PM 2 SMK Negeri 2 Semarang, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase keaktifan dan uji gain ternormalisasi pada kegiatan pembelajaran pra siklus, siklus I, dan siklus II.
References
Cahyo, A., 2013. Panduan Aplikasi Teori Belajar. Jakarta. PT. Diva Press.
Farhatani, 2014, Pembelajaran Discovery Learning.Jakarta: Aritem
Fathurrohman, P. & Sutikno, M.S. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam. Bandung: Refika Aditama.
Fujiati, I. (2014). Keefektifan Model Pogil Berbantuan Alat Peraga Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3).
Hamalik, O., 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hosnan, 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Indonesia. (2023). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2023 tentang Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2023 Nomor 20. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Priambodo, A. S. (2014). Keefektifan Model Learning Cy cle Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemam puan Komunikasi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2).
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1717-1724.
Sudjana, Nana dan Suwariah, Wari. (2010). berModel-model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo,
Syah, M., 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Winkel, W. S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesi