286. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK

Authors

  • Kosiyah Susana
  • Muhtarom
  • Sri Subandijah

Keywords:

pemahaman matematis, pembelajaran berdiferensiasi, peluang

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI salah satu SMK di kota Semarang tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 36 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui pembelajaran berdiferensiasi pada materi Peluang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari setiap akhir tahapan, proses pembelajaran diakhiri dengan tes formatif pada setiap siklusnya untuk mengetahui capaian hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terjadi peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa pada setiap siklus. Peningkatan ketuntasan klasikal hasil tes formatif dari siklus I sebesar 61,11% ke Siklus II sebesar 86,11% yaitu mencapai 25,00%. Persentase rata-rata kemampuan pemahaman matematis pada pra siklus sebesar 59,98%, siklus I sebesar 75,79%, dan siklus II sebesar 85,25%. Secara keseluruhan, terjadi peningkatan kemampuan pemahaman matematis sebesar 25,27%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi Peluang mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.

                                        

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Susana, K. ., Muhtarom, & Subandijah, S. . (2023). 286. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2548–2554. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3966

Issue

Section

Prosiding 2023