PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMAN 8 SEMARANG MATERI PELUANG MELALUI MODEL TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN
Keywords:
Penalaran Matematis, Video Pembelajaran, Model TAIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa materi analisis data dan peluang kelas XI.8 SMA Negeri 8 Semarang dengan menggunakan Model Team Accerated Intruction (TAI). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang terdapat di dalam kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.8 SMA Negeri 8 Semarang semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis. Teknik analisis penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan Model Team Accerated Intruction (TAI) berbantu video pembelajaran dapat meningkatkan penalaran matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentasi menunjukkan kemampuan penalaran matematis siswa, indikator memberikan alasan terhadap solusi meningkat sebanyak 15%, indikator melakukan manipulasi pengkatan mencapai 19%, mengajukan dugaan meningkat sebesar 22% dan 25% peningkatan pada indikator kesimpulan menarik. Pada hasil belajar siswa memperoleh rata- rata kemapuan penalaran matematis 65,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,75. Sehingga kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dan diaktagorikan pada tingkat tinggi.
References
Brame, C. J. (2016). Effective Educational Videos. Vanderbilt University Center for Teaching. Retrieved from Vanderbilt University
Hjelte, A., Schindler, M., & Nilsson, P. (2020). Kinds of Mathematical Reasoning Addressed in Empirical Research in Mathematics Education: A Systematic Review. Education Sciences, 10(10), 289. Retrieved from https://www.mdpi.com/2227-7102/10/10/289
Jakni. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alfabeta.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Ode Sulistian Lestari Barudi, W., Arapu, L., & Pendidikan Matematika, J. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TOWEA DITINJAU DARI GENDER. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.36709/jppm.v10i2.27040
Putri, R. C., Husna, A., & Amelia, F. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar ditinjau dari Gender di Kelas VIII SMP IT El-Yasin Batam An Analysis of Student’s Mathematical Reasoning Ability on Solving Algebra Story Problems Reviewing from Gender on 8 th level SMP IT El-Yasin Batam. CAHAYA PENDIDIKAN, 7(2), 115–122.
Romsih, O., Yuhana, Y., & Nindiasari, H.(2019). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Problem Posing Ditinjau Dari Tahap Perkembangan Kognitif Siswa. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 37–46.
Wartaguru.id. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik. Retrieved from Wartaguru.