304. Improving Students Learning Outcomes through the STAD Model in English Lesson
Keywords:
hasil belajar, model STADAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui model STAD dalam pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus ini digunakan untuk melihat bagaimana STAD meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik. Design ini merujuk pada model dari Kemmis dan McTaggart prosedur penelitian melalui empat tahap berdasarkan (Barron, 2015) yaitu perencanaan, penerapan, observasi, dan refleksi di setiap siklusnya. Penelitian in dilaksanakan di kelas X-E SMAN 6 Semarang dan mempunyai 36 peserta didik. Instrument penelitian yang digunakan yaitu catatan lapangan, lembar observasi, dan tes formatif. Dalam penelitian ini, peneliti memilih kelas X-E karena peserta didik dikelas ini mempunyai masalah dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Peneliti menemukan di siklus pertama bahwa persentase 56% atau 20 siswa yang mendapat nilai di atas 75. Pada siklus kedua nilai ketuntasan siswa mencapai 78% atau 28 siswa yang mendapat nilai di atas 75. Hasil membuktikan bahwa model STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di pelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa STAD mengembangkan kemampuan social peserta didik seperti: interaksi, komunikasi, tanggungjawab, dan kerjasama.