331. Penerapan Quizizz Dalam Bentuk (Qr-Code) pada Siswa Kelas IV untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika

Authors

  • Delfira Anggraeni Ciptaning Tiyas
  • Aryo Andri Nugroho
  • Nurani Fadilah

Keywords:

peningkatan motivasi, quizizz, paper mode, QR-Code, matematika

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu karena rendahya motivasi belajar peserta didik dan pembelajaran matematika yang masih ditakuti oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media quizizz dalam bentuk paper mode (QR-Code) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran Matematika materi segi banyak di kelas IVA SDN Sendangmulyo 02 Semarang pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil observasi pada proses pembelajaran dibahas sebagai data kualitatif sedangkan hasil angket dan tes evaluasi peserta didik dibahas sebagai data kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas IVA SDN Sendangmulyo 02 Semarang pada mata pelajaran Matematika materi segi banyak. Terdapat peningkatan meningkatnya rata-rata motivasi belajar peserta didik dari kondisi awal sebesar 53% termasuk dalam kategori kurang sekali. Pada siklus I meningkat menjadi 73% dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II rata-rata motivasi belajar peserta didik menjadi 76% dalam kategori baik. Hal tersebut juga didukung degan hasil observasi aktivitas peserta didik dan hasil tes evaluasi. Dari hasil tes evalausi pada siklus I terdapat 18 peserta didik yang tuntas dan meningkat menjadi 24 peserta didik pada siklus II.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Tiyas, D. A. C. . ., Nugroho, A. A. . ., & Fadilah, N. . . (2023). 331. Penerapan Quizizz Dalam Bentuk (Qr-Code) pada Siswa Kelas IV untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2953–2963. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4239

Issue

Section

Prosiding 2023