228. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Model PBL Muatan Matematika Kelas III SDN Gajahmungkur 04

Authors

  • Titah Siwi Putri Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universitas PGRI Semarang
  • Ganis Suprihatini SDN Gajahmungkur 04

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada model Problem Based Learning (PBL) muatan Matematika kelas III SDN Gajahmungkur 04. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian ini trerdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan dua kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan menentukan rata-rata dan presentase dari setiap aspek yang diamati. Data kuantitatif tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dengan dijabarkan dalam kalimat. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III dimana pada siklus I telihat hasil ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 47,37% dan Siklus II sebesar 84,21%. Kesimpulan penelitian ini bahwa model Problem Based Learning yang diterapkan dengan baik dapatg meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Putri, T. S., Reffiane, F., & Suprihatini, G. (2023). 228. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Model PBL Muatan Matematika Kelas III SDN Gajahmungkur 04. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2036–2040. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4257

Issue

Section

Prosiding 2023