Penggunaan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa Menggambar Dekoratif

Authors

  • Nitatri Wahyuni Universitas PGRI Semarang
  • Widya Kusumaningsih Universitas PGRI Semarang
  • Ganis Suprihatini SD Negeri Gajahmungkur 04 Kota Semarang

Keywords:

Project Based Learning, seni rupa, dekoratif

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar seni rupa, kurangnya keterlibatan aktif peserta didik, kurang minat pada materi, dan kesulitan dalam menggambar dekoratif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri Gajahmungkur 04 Kota Semarang. Data yang dikumpulkan meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan nontes. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model Project Based Learning (PjBL) diterapkan melalui beberapa langkah: menyajikan masalah, merencanakan proyek, menyusun jadwal, memantau proyek, mempresentasikan hasil proyek, dan mengevaluasi hasil proyek; (2) hasil belajar Seni Rupa peserta didik meningkat secara signifikan, dengan persentase pada ranah psikomotorik dari siklus I = 78,13%, siklus II = 90,63%, hingga siklus III = 100%. Pada ranah kognitif, hasil belajar meningkat dari siklus I = 78,13%, siklus II = 90,63%, hingga siklus III = 100%; dan (3) kendala yang ditemui termasuk peserta didik yang kurang memperhatikan penjelasan guru dan kesulitan dalam membagi tugas saat bekerja dalam kelompok. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut adalah guru memastikan peserta didik tidak mengobrol dan memperhatikan penjelasan, serta mengatur peserta didik untuk bergiliran dalam kegiatan presentasi. Kesimpulannya, model Project Based Learning (PjBL) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Seni Rupa tentang gambar dekoratif pada peserta didik kelas IV SD Negeri Gajahmungkur 04 Kota Semarang.

References

Allyce, W. (2024). Pembelajaran Seni Rupa Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus Di SDN 1 Sudaji). Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha. Vol. 14(1)

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahrurrozi, dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Pada Mata Pelajaran Sbdp Materi Kerajinan Ikat Celup Di Sekolah Dasar. Jurnal Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 11(3), 876.

Fitri, H., dkk. (2022). Analisis Pembelajaran SBdP Menggunakan Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2), 11082-11088.

Malik, M.S. (2020). Analisis HOTS, 4C, Literasi, dan Pendidikan Karakter dalam Seni Budaya dan Prakarya MI/SD Kurikulum 2013. Elementary Islamic Teacher Journal, 8 (1), 60 - 64.

Maryuni, K, L., Rati, N, W., & Mahadewi, L, P, P. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 183.

Muin, A. (2017). Keterampilan Berbasis Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), 133– 135.

Niswara. R., Muhajir., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 5(1), 20-24.

Nurhayati, A., dkk. (2020). Peran Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Siswa di SDS Islam Harapan Ibu School. Jurnal Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(3), 426-434.

Rati, W., Kusmaryatni., & Rediani. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 62.

Sakilah., dkk. (2020). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar Sekolah Dasar Negeri 167 pekanbaru. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education. 4(1), 127-142.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Harnidi, A. T. A. (2018) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kretivitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-54.

Utami, T., Kritin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 3 SD, Jurnal Mitra Pendidikan, 2(6), 541-552.

Wati, R., & Iskandar, W. (2020). Analisis Materi Pokok Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) kelas IV MI/SD. Samarinda: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran, 142- 159.

Wibowo, A., & Santoso, B. (2019). Peran Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 120-130.

Wirawan, A. (2021). Penerapan Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Kualitas dan Hasil Belajar SBdP di Kelas VI SD. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, 2(1), 1357-1358.

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Wahyuni, N., Kusumaningsih, W. ., & Suprihatini, G. (2025). Penggunaan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa Menggambar Dekoratif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 434–439. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6180

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)