246. Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model PBL Menggunakan Media Konkrit pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD 1 Samirejo

Authors

  • Diky Rama Aji Pamungkas Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka S Universitas PGRI Semarang
  • Malam SD 1 Samirejo

Keywords:

Hasil Belajar, PBL, Media Konkrit

Abstract

Pendidikan adalah proses meningkatkan kualitas manusia baik dari segi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Matematika adalah mata pelajaran wajib yang harus dikuasai oleh peserta didik, karena sebagai dasar ilmu untuk masa depan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dengan satu siklus dua kali pertemuan tiap pertemuan 2x35 menit yang dilakukan di SD 1 Samirejo dengan subyek penelitian peserta didik kelas 1 berjumlah 19 yang terdiri dari 9 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu dengan dibantu teman sejawat sebagai pengamat penelitian. Hasil penelitian ntuk hasil belajar pada pembelajaran matematika pada prasiklus dengan kriteria tuntas 21,05% pada siklus 1 naik 47,36% pada siklus 2 89,47% hal tersebut membuktikan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas 1 di SD 1 Samirejo, dengan menerapkan model PBL pada mata pelajaran matematika materi perbandingan, dapat disimpulkan bahwa Terbukti meningkatkan kedisiplinan, hasil belajar siswa meningkat baik pada siklus 1 maupun siklus 2.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Pamungkas, D. R. A., S, E. E., & Malam. (2023). 246. Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model PBL Menggunakan Media Konkrit pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD 1 Samirejo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2185–2192. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4312

Issue

Section

Prosiding 2023