Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Mathepoly Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN Gayamsari 02 Semarang

Authors

  • Ina Nur Alimah Universitas PGRI Semarang
  • Ngurah Ayu Nyoman Murniati Universitas PGRI Semarang
  • Loli Gunawan Adi SDN Gayamsasi 02 Semarang
  • Ida Safitri SDN Gayamsasi 02 Semarang

Keywords:

PBL, Hasil Pembelajaran, PTK, Monopoli, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) menggunakan bantuan media pembelajaran Mathepoly. Penelitian ini menggunakan  metode  penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis and M.C taggart. yang   memiliki   empat   tahapan   yaitu   (1) perencanaan, (2) pelaksanaaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas VI A SDN Gayamsari 02 Semarang. Dengan subjek penelitian sebanyak 26 siswa yang terdirindari 10 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan soal tes dengan bentuk pilihan ganda yang dilakukan di kelas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum penerapan model pembelajaran PBL berbantu media Mathepoly (pra siklus), hasil belajar matematika siswa kelas VI A SDN Gayamsari 02 Semarang masih rendah. Hanya 19% siswa yang mencapai ketuntasan belajar (di atas KKM), sementara 81% siswa masih di bawah KKM. Pada siklus I Meskipun terjadi peningkatan hasil belajar setelah penerapan PBL, hasilnya masih belum mencapai tingkat yang memadai. Hanya 31% siswa yang mencapai ketuntasan belajar, sementara 69% siswa masih di bawah KKM. Pada siklus II Setelah penerapan PBL dalam siklus II, terjadi peningkatan drastis dalam hasil belajar. Sebanyak 81% siswa mencapai ketuntasan belajar, sementara hanya 19% siswa yang masih di bawah KKM. Hal ini menunjukan bahwa Hal ini menunjukan bahwa penerapan PBL berbantu media Mathepoly efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VI A SDN Gayamsari 02 Semarang, yang awalnya rendah menjadi tinggi pada akhir siklus II.

References

Agustin, V. N. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1).

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 53.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Ferryka, P. Z. (2018). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Mintasih, D. (2018). Mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi PBL untuk menyiapkan calon pendidik dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 271-290.

Pradana, D. P. (2021). Perbandingan Metode Ceramah Dan Cerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Katolik Di Kota Madiun (Doctoral dissertation, WINAPress).

Rahmadani, A., Ariyanto, A., Rohmah, N. N. S., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 127-141.

Setyowati, D., Prayito, M., & Djama’i, N. (2023, July). 285. Penerapan Model PBL Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 2 Mijen. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 1975-1985).

Sugianto, V. J., Prayanto, W. H., & Yudani, H. D. (2015). Perancangan board game mengenai bahaya radiasi gadget terhadap anak. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 15.

Supriatna, E. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 15-19.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Alimah, I. N. ., Murniati, N. A. N. ., Adi, L. G. ., & Safitri, I. . (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Mathepoly Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN Gayamsari 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2850–2857. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5445

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)