271. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Gayamsari 02 Semarang melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari Pra Siklus, Siklus I, Siklus II, Pada siklus ini terdiri dari 4 tahapan yaitu, tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini menggunakan instrumen untuk mengumpulkan data dengan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang dengan jumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus sebesar 39% kemudian yang tuntas pada siklus I yaitu sebesar 86% dan peningkatan pada siklus II mencapai 96% dengan kategori sangat baik dan memenuhi kriteria ketuntasan.