271. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang

Authors

  • Azza Nabilla Universitas PGRI Semarang
  • Ngurah Ayu Nyoman Murniati Universitas PGRI Semarang
  • Loli Gunawan Adi SDN Gayamsari 02 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  kelas  IV  di  SDN  Gayamsari  02 Semarang   melalui   penggunaan   model   pembelajaran   Problem   Based   Learning.   Penelitian   ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari Pra Siklus, Siklus I, Siklus II, Pada siklus ini terdiri dari 4 tahapan yaitu, tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini menggunakan instrumen untuk mengumpulkan data dengan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang dengan jumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus sebesar 39% kemudian yang tuntas pada siklus I yaitu sebesar 86% dan peningkatan pada siklus II mencapai 96% dengan kategori sangat baik dan memenuhi kriteria ketuntasan.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Nabilla, A., Murniati, N. A. N., & Adi, L. G. (2023). 271. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2393–2400. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4385

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)