218. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Kelas II Melalui Model Picture and Picture di SDN Gayamsari 02 Semarang

Authors

  • Frida Laksmita Dewi Universitas PGRI Semarang
  • Ngurah Ayu Nyoman Murniati Universitas PGRI Semarang
  • Espiyati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini terfokus dalam hasil belajar Tema 7 “Kebersamaan” melalui tes formatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) Kolaboratif dengan guru kelas di SDN Gayamsari 02 Semarang. Peserta didik yang terlibat dalam penelitian ini adalah kelas 2 dengan jumlah peserta didik 28. Pada penelitian ini terdiri dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Dalam siklus ini terdiri dari 4 tahapan yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan instrument dengan pengumpulan data tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Hasil pembelajaran pada pra siklus dengan KKM 70 diperoleh 1 presentase tuntas 46%. Pada siklus I diperoleh presentase 86%. Kemudian di siklus II diperoleh presentase 93%. Dengan demikian pembelajaran tema 7 “Kebersamaan” dengan menggumakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Dewi, F. L., Murniati, N. A. N., & Espiyati. (2023). 218. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Kelas II Melalui Model Picture and Picture di SDN Gayamsari 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1948–1956. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4247

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)