268. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Kelas II dengan Menggunakan Model Problem Based Learning SDN Gayamasari 02 Semarang

Authors

  • Devi Ariyanti Lestari
  • Ngurah Ayu Nyoman Murniati Universitas PGRI Semarang
  • Espiyati SD Negeri Gayamsari 02 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Latar belakang dari Penelitian Tindakan  Kelas (PTK) ini dari hasil observasi peneliti pada kelas II-A SD Negeri Gayamsari 02 bahwa Sebagian besar peserta didik tidak fokus pada pembelajaran, dan hasil belajar peserta didik masih rendah yaitu 48% yang mencapai ketuntasan, dengan ketetapan KKM 70. Penelitian dilaksanakan di kelas II-A SD Gayamsari 02 pada semester 2 tahun pebelajaran 2022/2023. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai Juni 2023. Sedangkan subjek penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas II-A dengan jumlah 27 peserta didik, terdiri dari 14 putra dan 13 putri. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari PTK ini untuk memperbaiki hasil belajar tematik pada kelas II-A SD Gayamsari 02 dengan penerapan model Problem Based Learning. Diperoleh hasil penelitian bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada peserta didik kelas II-A SD Negeri Gayamsari 02 tahun pelajaran 2022/2023. Hasil belajar peserta didik sebelum penelitian tindakan kelas yaitu 48 % dengan kategori kurang. Pada pelaksanaan tindakan siklus I adanya peningkatan hasil belajar menjadi 81% dikategorikan baik. Selanjutnya hasil siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar peserta didik 93% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Lestari, D. A., Murniati, N. A. N., & Espiyati. (2023). 268. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Kelas II dengan Menggunakan Model Problem Based Learning SDN Gayamasari 02 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2363–2372. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4382

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)