79. Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Tema 7 Siswa Kelas III SDN Gayamsari Semarang Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual
Keywords:
peningkatan, PBL, audiovisual, hasil belajarAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada tema 7 disebabkan pada pelaksanaan pembelajaran guru yang cenderung menyampaikan materi dengan ceramah, penggunaan media yang belum bervariasi, terdapat siswa yang malu untuk bertanya dan malu menyampaikan pendapatnya, siswa belum berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, banyak siswa yang berbicara sendiri sehingga tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar kognitif tema 7 siswa kelas III SDN Gayamsari 02 Semarang. Penelitian dilakukan di kelas III SDN Gayamsari 02 dengan jumlah 28 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif. Penelitian tindakan kelas terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus 2. Tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan dari soal evaluasi yang dikerjakan siswa, sebanyak 43% dinyatakan tuntas KKM pada pembelajaran pra siklus, kemudian pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 89% dengan kategori sangat baik dan memenuhi kriteria ketuntasan. Capaian rata-rata hasil belajar peseta didik pada pra siklus mencapai 62,14 pada siklus I meningkat menjadi 75,71 dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 81,79. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 7 Perkembangan Teknologi kelas III B semester II SDN Gayamsari 02 Semarang.