53. Peningkatan Model PBL Terhadap Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas I SDN Gayamsari 02

Authors

  • Kikit Anggreany Novitasari
  • Joko Siswanto
  • Espiyati

Keywords:

Problem Based Learning, PKN, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan  model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas I SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dilakukan dalam tiga siklus dengan tiga kali pertemuan. Pertemuan dari setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama tiga siklus, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Gayamsari 02 Semarang, yakni pada pra siklus dengan nilai rata – rata 66,4 dengan presentase ketuntasan 48% maka perlu diadakan perbaikan, pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,6 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 68% belum mencapai hasil belajar dengan baik, pada siklus II prestasi belajar meningkat dengan nilai rata-rata 84,44 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 84%.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Novitasari, K. A. ., Siswanto, J. ., & Espiyati. (2023). 53. Peningkatan Model PBL Terhadap Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas I SDN Gayamsari 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 471–480. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3949

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)