PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATERI PIDATO PERSUASIF MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAY KELAS IX SMP

Authors

  • Mariya Ulfa Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Peningkatan Tindakan Kelas, Metode Role Play, Pidato Persuasif

Abstract

Penguasaan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada praltik berpidato masing tergolong rendah. Keterampilan berbicara siswa diharapkan mudah menemukan gagasan secara langsung di depan publik baik dalam suatu forum diskusi ataupun dalam acara yang menuntut siswa berbicara tentang sesuatu hal dalam bentuk pidato. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari pembelajaran yang mengutamakan peningkatan keterampilan berbicara pada materi pidato persuasif menggunakan metode role play kelas IX G SMPN 6 Semarang. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran di kelas. Terdapat dua siklus yang dilaksanakan dengan alur pelaksanaan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX G SMPN 6Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes yang dilakukan dalam pembelajaran, observasi perilaku peserta didik, dan dokuentasi sebagai akhir pengumpulan data. Hasil penelitian yang dilakukan menggunakan metode role play mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hasil peningkatan yang diperoleh ditunjukan dengan nilai rata-rata skor yang mengalami peningkatan berturut-turut, prasiklus 47,05%, siklus I 67,64%, dan siklus II 100%. Dan perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami perubahan positif, siswa menjadi percaya diri.

 

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ulfa, M. . (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATERI PIDATO PERSUASIF MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAY KELAS IX SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 119–129. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4776

Issue

Section

Prosiding 2023