PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN METODE THINK, PAIR, SHARE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI-10 SMA NEGERI 5 SEMARANG

Authors

  • Bela Hastya Pertiwi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Metode, Menulis, cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI-10 dengan metode think, pair, share. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 4 tahapan, yaitu pada setiap tahapannya terdiri dari tahap perencanaan, tapan tindakan, observasi, dan juga refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Semarang yang berlokasi di Jl. Pemuda 143 Semarang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-10 yang berjumlah 35 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas XI-10 dengan metode think pair share. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Hal itu dapat dilihat dari rata-rata nilai pada siklus I yang dilakukan mencapai 77. Sedangkan rata-rata pada siklus II mencapai 85. Maka, dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan sebesar 8 dari siklus I ke siklus II. Lalu, peserta didik yang memperoleh nilai ≥ 75 pada siklus I sebanyak 28 dan pada siklus II sebanyak 32. Maka terjadi peningkatan sebanyak 4 peserta didik. Presentasenya pada siklus I sebesar 80% sedangkan pada siklus II sebesar 91%. Lalu, peserta didik uang memperoleh nilai < 75 sebanyak 7 pada siklus I dan pada siklus II sebanyak 3. Presentasenya adalah 20% pada siklus I dan 9% pada siklus II. Nilai tertinggi pada siklus I adalah 85 sedangkan pada siklus II adalah 95. Lalu, nilai terendah pada siklus I adalah 65 dan pada siklus II adalah 75.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Pertiwi, B. H. . (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN METODE THINK, PAIR, SHARE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI-10 SMA NEGERI 5 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 36–45. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4756

Issue

Section

Prosiding 2023