PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS LHO PADA KELAS X SMA

Authors

  • Ika Wahyu Cahya Nugraeni Universitas PGRI Semarang

Keywords:

stad, laporan hasil observasi, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar materi Teks Laporan Hasil Observasi pada peserta didik kelas X10 SMA Negeri 11 Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian deskriptif dengan menggunakan tahapan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis kualitatif, yakni teknik analisis interaktif digunakan dalam menganalisis data penelitian ini. Analisis interaktif tersebut terdiri atas reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 54% yakni dari pre-test siklus 1 dengan presentase 20% menjadi 74,2% di post-test 3 siklus 2. Pada siklus 1 terdapat dua kali pertemuan yang memperoleh nilai tuntas dan mencapai KKM sejumlah 20% di pertemuan pertama serta 31% di pertemuan kedua. Pada siklus 1 ini belum digunakan model pembelajaran STAD melainkan model ceramah. Pada siklus 2 dilakukan sama seperti siklus 1 yakni dua kali pertemuan. Pada siklus ini peserta didik sudah menggunakan model pembelajaran STAD dengan memperoleh nilai ketuntasan dan mencapai KKM sebesar 51% di pertemuan pertama serta 74% di pertemuan kedua. Penelitian ini dihentikan setelah berjalan dua siklus karena hasil belajar peserta didik yang sudah memperoleh nilai tuntas dan mencapai KKM sebesar 70%. Dengan begitu penerapan model pembelajaran (STAD) ini mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X10 SMA Negeri 11 Semarang.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Cahya Nugraeni, I. W. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS LHO PADA KELAS X SMA . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 99–108. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4770

Issue

Section

Prosiding 2023