248. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Model PBL Berbantuan Media Gambar SDN Bango 1 Demak

Authors

  • Lutnatul Jannah Universitas PGRI Semarang
  • Debora Sindi Pratiwi SDN Bango 1 Demak
  • Rina Dwi Setyawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

PBL, hasil belajar, media gambar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan mengenai penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang dapat mempengaruhi peserta didik melalui hasil belajar. Penelitian dilaksanakan di SDN Bango 1 kecamatan Demak Kabupaten Demak. Penelitian dilakukan dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang belum tuntas untuk mencapai KKM. Peserta didik yang kurang aktif dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang banyak akan teks bacaan. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini peserta didik kelas IV-A SDN Bango 1 Demak tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 20 peserta didik. Penelitian dilakukan dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Penelitian ini dibuktikan dengan presentase pada siklus I sebesar 67,5% yang tuntas KKM yang selanjutnya melalui model pembelajaran Problem Based Learning benbantuan media gambar terdapat peningkatan pada siklus II dengen persentase sebesar 80%. Hal tersebut menunjukkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media gambar mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV-A SDN Bango 1 Demak

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Jannah, L., Pratiwi, D. S., & Setyawati, R. D. (2023). 248. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Model PBL Berbantuan Media Gambar SDN Bango 1 Demak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2203–2209. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4314

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)