Peningkatan Perhatian Siswa melalui Ice Breaking pada Proses Belajar Kelas III SDN Gajahmungkur 04 Semarang

Authors

  • Rosita Tirtasari Universits PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universits PGRI Semarang
  • Ganis Suprihatini Universits PGRI Semarang
  • Awalis Sholekhah Universits PGRI Semarang

Keywords:

Perhatian siswa, ice breaking, proses belajar

Abstract

Penelitian ini berdasarkan kurangnya perhatian siswa dalam proses belajar. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian siswa dalam proses pembelajaran tematik dengan menggunakan ice breaking pada kelas III SDN Gajahmungkur 04 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Teknik penelitian yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas III SDN Gajahmungkur 04 Semarang. Analisis data yang dilakukan yaitu secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan mengalami peningkatan perhatian siswa pada proses belajar. Berdasarkan hasil rata-rata siklus I mengalami peningkatan 13% dari jumlah siswa dengan hasil siklus I sebesar 77% dan sebesar 90% dari siklus II yang termasuk kategori baik.

References

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hendawati, Y. M. (2020). Penerapan Ice breaking Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iib Di MI Darul Huda Wonoroto Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. (Skripsi) Institut Agama Islam Negeri Jember, Jember, Indonesia.

Irachmat, M. R. (2015). Peningkatan Perhatian Siswa pada Proses Pembelajaran Kelas III Melalui Permainan Ice breaking di SDN Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. (Skripsi) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.

M. Said. (2010). 80+ Ice Breaker Games: Kumpulan Permainan Penggugah Semangat. Yogyakarta: Andi Offset.

Nuryana, N. & Sunardin, S. (2020). Pengaruh Strategi Ice breaking Giving Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 80-86.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132.

Republik Indonesia. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 40 (2) tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syam, Natriani. dkk. (2022). Penerapan Reward dan Ice breaking Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas III UPT SD Negeri 5 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 2125-2136.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Rosita Tirtasari, Fine Reffiane, Ganis Suprihatini, & Awalis Sholekhah. (2023). Peningkatan Perhatian Siswa melalui Ice Breaking pada Proses Belajar Kelas III SDN Gajahmungkur 04 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2118–2127. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5358

Issue

Section

Prosiding 2023