MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MELALUI PENDEKATAN TPACK DI KELAS X 11 SMA N 2 SEMARANG

Authors

  • Nurul Hidayah Universitas PGRI Semarang
  • Sugiyanti Universitas PGRI Semarang
  • Agus Setiawan Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pendekatan TPACK, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan TPACK dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini permasalahan yang muncul dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X 11 SMA N 2 Semarang yang terdiri dari 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase prasiklus tingkat ketuntasan siswa hanya 30%. Pada siklus I tingkat ketuntasan meningkat mencapai 67% sedangkan pada siklus II mencapai 86%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan TPACK dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar dari siswa kelas  X 11 SMA N 2 Semarang yang terdiri dari 36 siswa. Dengan TPACK seorang guru dapat menyajikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

References

Amrina, Z., Anwar, V. N., Alfino, J., & Sari, S. G. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge Terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Matematika Daring Calon Guru SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1069-1079

Farikah, F., & Al Firdaus, M. M. (2020). Technological pedagogical and content knowledge (TPACK): the students’ perspective on writing class. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 190-199.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Rafi, I., & Sabrina, N. (2019). Pengintegrasian TPACK dalam pembelajaran transformasi geometri SMA untuk mengembangkan profesionalitas guru matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 47-56.

Robandi, B. (2008). Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Diktat Nasional Penelitian Tindakan Kelas, 13.

Tama, N. S., & Sumargiyani, S. (2022, September). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PENDEKATAN TPACK. In Seminar & Conference Proceedings of UMT (pp. 85-93).

Yuliani, R. E., Heru, H., & Sari, E. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Berbasis Tpack Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Di Sma Negeri 19 Palembang. Publikasi Penelitian Terapan dan Kebijakan, 4(1), 12-17.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Hidayah, N., Sugiyanti, & Setiawan, A. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MELALUI PENDEKATAN TPACK DI KELAS X 11 SMA N 2 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 115–123. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6149

Issue

Section

Matematika

Most read articles by the same author(s)