The Implementation of Padlet as Technological Tool to Improve Students’ Learning Outcomes in Learning English
Keywords:
alat teknologi, padlet, hasil belajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris kelas XI G-2 SMA Negeri 11 Semarang dengan penerapan alat teknologi bernama Padlet. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah kelas XI G-2 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis hasil belajar bahasa Inggris siswa. Hasil tersebut diperoleh berdasarkan hasil tes yang diberikan pada awal pembelajaran, akhir siklus I dan 2 yaitu dari kondisi awal sebesar 47,22%, akhir siklus I sebesar 72,22%, kemudian sebesar 88,89% pada kondisi akhir siklus I. akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar bahasa Inggris siswa meningkat melalui penerapan Padlet di kelas XI G-2 SMA Negeri 11 Semarang pada tahun ajaran 2023/2024.