Improving Students’ Speaking Skill in Narrative Text by Using Talking Stick Metod

Authors

  • Ulin Noha Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Capaian pembelajaran Bahasa Inggris, Talking Stick, Berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI PPLG 1 SMK N 2 Semarang sebagai hasil dari capaian pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan teknik pembelajaran Talking Stick.  Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes lisan dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di siklus pertama 25 siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 68. Di siklus kedua 34 siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 80.81. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Talking Stick dapat meningkatkan kemapuan berbicara siswa kelas XI PPLG 1 SMK N 2 Semarang.

References

Fujioka,Kimberly.1998.”The Talking Stick: An American Indian Tradition in the ESL Classroom”. The Internet TESL Journal.Vol.IV,No9.

Ramadhan, Tarmizi.2010.Talking Stick.(Online),(http://tarmizi.wordpress.com), diakses 13 September 2023

Susilo,H, Chotimah, H &Sari,Y.D (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing

Susilowati,D.(2018).Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternative problematika pembelajara. Jurnal Ilmiah Edunomika,2(01)

Zuhaidah,Z (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dalam Bahasa Inggris Siswa Kelas VII 3 SMPN 1 LirikMelalui Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Pendidikan Tambusai 4(1) 821-829

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Noha, U. (2023). Improving Students’ Speaking Skill in Narrative Text by Using Talking Stick Metod. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 489–494. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5143

Issue

Section

Prosiding 2023