Improving Students' Ability to Express Daily Activities through Flashcard Media

Authors

  • Narumi Handayani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Capaian pembelajaran Bahasa Inggris, Flash Card, Ungkapan Aktivitas Sehari-hari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengungkapkan aktivitas sehari-hari kelas VIII B SMP N 21 Semarang sebagai hasil dari capaian pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan media pembelajaran Flash Card. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di siklus pertama 78,12% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 83,18. Di siklus kedua 93,75% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 85,60. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media Flashcard dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII B SMP N 21 Semarang dalam mengungkapkan aktivitas sehari-hari.

References

Anggraini, Ringga Dwi, dkk. (2019). Keefektifan Model Picture and Picture Berbantuan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan, International Journal of Elementary Education Vol. 3 No. 1.

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Baleghizadeh, S. & Ashoori, A. (2011). The Impact of Two Instructional Techniques on EFL Learner’s Vocabulary Knowledge: Flash Cards Versus Word List, Mextesol journal, 35(2).

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Arrochman Samarang Garut. Universitas Garut: Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut.

Joklova, K. (2009). Using Pictures in Teaching Vocabulary, Bachelor’s thesis. Masaryk University Faculty of Education. Department of English Language and Literature. Brno.

Khasanah, P.M.A., Chamdani, & Susiani, T.S. (2014). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Penggunaan Media Kartu Domino Kata Bergambar Siswa Kelas V SD, PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2(4).

Khodashenas. M.R., Farahani. S.K., & Alisahi, Z. (2014). Flash Cards Versus Animated Cartoons: a Comparative Study in Vocabulary Teaching and Learning, International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World (IJJLLALW), 5(4).

Komachali, M.E. & Khodareza, M. (2012). International Education Studies the Effect of Using Vocabulary Flash Card on Iranian Pre-University Students Vocabulary Knowledge, International Education Studies, 5(3).

Lestari, Ikmala Yunita. 2012. “Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Kartu Gambar (Flash Card) Pada Kelompok B Di RA Barokah Klodran Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012.” : 139.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan Vol. 1 No. 2.

Mohammadnejad, S., Nikdel, H., & Oroujlou, N. (2012). Reactivating EFL Learners’ Word Knowledge by Means of Two Technique: Flashcards versus Wordlist, International Journal of Linguistic, 4(4).

Nugroho, Y.S., Nurkamto, J., & Sulistyowati, H. (2012). Improving Students’ Vocabulary Mastery Using Flash Cards, English Education Journal, 1(1).

Sekarini, Wining. 2018. “Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah 01 Sukarame.” 10(2): 1–15.

Talizaro Tafonao. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” 2(2).

Widyasari, I., Suryandari, K.C., & Suripto. (2013). Penerapan Metode Permainan melalui Media Flash Card dalam Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SDN 2 Kebasen, JPGSD, 01(1).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Handayani, N. . (2023). Improving Students’ Ability to Express Daily Activities through Flashcard Media. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 345–350. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5126

Issue

Section

Prosiding 2023