Improving Reading Comprehension Ability by Using Grasp Strategy Among the Eleventh Graders of SMK Negeri 7 Semarang in the Academic Year 2023/ 2024

Authors

  • Lita Nurhidayah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

meningkatkan, pemahaman membaca, GRASP

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengamati penggunaan teknik pembelajaran Guide Reading And Summarizing Procedure (GRASP) dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Berdasarkan refleksi dari pelajaran sebelumnya, karena banyak siswa terburu-buru saat membaca teks, mereka mengalami kesulitan dalam mencapai hasil maksimal dalam tes membaca. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian menggunakan teknik pembelajaran GRASP. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI di SMK Negeri 7 Semarang pada tahun akademik 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam skor siswa pada siklus 1, di mana awalnya hanya 47% siswa yang mencapai skor di atas Minimum Kelulusan (KKM), tetapi setelah menerapkan teknik ini pada siklus I, terjadi peningkatan menjadi 58% siswa yang mencapai skor di atas KKM. Pada siklus II, semua siswa (100%) mampu mendapatkan skor di atas KKM. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik GRASP dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.

References

Anderson, R. C., & Pearson, P. D. (1984). A schema-theoretic view of basic processes in reading comprehension. In P. D. Pearson (Ed.), Handbook of reading research (Vol. 1, pp. 255-291). Longman.

Baker, S. K., Simmons, D. C., & Kame'enui, E. J. (1998). Vocabulary acquisition: Curricular and instructional implications for diverse learners. In D. C. Simmons & E. J. Kame'enui (Eds.), What reading research tells us about children with diverse learning needs: Bases and basics (pp. 1-30). Lawrence Erlbaum Associates.

Beck, I. L., & McKeown, M. G. (1991). Conditions of vocabulary acquisition. In R. Barr, M. L. Kamil, P. B. Mosenthal, & P. D. Pearson (Eds.), Handbook of reading research (Vol. 2, pp. 789-814). Longman.

Duke, N. K., & Pearson, P. D. (2002). Effective practices for developing reading comprehension. In A. E. Farstrup & S. J. Samuels (Eds.), What research has to say about reading instruction (3rd ed., pp. 205-242). International Reading Association.

Gough, P. B., & Tunmer, W. E. (1986). Decoding, reading, and reading disability. Remedial and Special Education, 7(1), 6-10.

LaBerge, D., & Samuels, S. J. (1974). Toward a theory of automatic information processing in reading. Cognitive Psychology, 6(2), 293-323.

Lankshear, C., & Knobel, M. (2006). New literacies: Everyday practices and classroom learning (2nd ed.). Open University Press.

National Institute of Child Health and Human Development. (2000). Report of the National Reading Panel: Teaching children to read (NIH Publication No. 00-4769). U.S. Government Printing Office.

Pressley, M. (2006). Reading instruction that works: The case for balanced teaching. Guilford Press.

Rasinski, T. V., & Zutell, J. (2006). Reading fluency and comprehension: What's hot, what's not. Reading Teacher, 59(1), 62-70.

Wardani, 2007. Modul IDIK 4008 Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka Jakarta

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nurhidayah, L. . (2023). Improving Reading Comprehension Ability by Using Grasp Strategy Among the Eleventh Graders of SMK Negeri 7 Semarang in the Academic Year 2023/ 2024. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 543–549. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5150

Issue

Section

Prosiding 2023