12. Penggunaan Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Permulaan Kelas I Sd Sitirejo
Keywords:
Metode SAS, Kemampuan MembacaAbstract
Pelaksanaan penelitian yang dilakukan berdasarkan wawancara dan observasi guru kelas, masih terdapat siswa kelas I SDN Sitirejo yang keterampilan membaca dalam materi suku kata belum baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan apakah dengan menggunakan metode SAS dan media huruf, keterampilan membaca permulaan telah meningkat. Pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai metodologinya. Untuk mengumpulkan data penelitian ini digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode SAS dan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca dasar siswa kelas I, khususnya hasil penilaian pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan mencapai 29,1%, pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 70,8% kemudian pada siklus 3 meningkat menjadi 79,1% . Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa metode SAS yang digunakan bersama dengan media kartu huruf efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa.