12. Penggunaan Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Permulaan Kelas I Sd Sitirejo

Authors

  • Nafisya Trisakti Yani Universitas PGRI Semarang
  • Joko Sulianto Universitas PGRI Semarang
  • Kholisotinniswah Sekolah Dasar Negeri Sitirejo

Keywords:

Metode SAS, Kemampuan Membaca

Abstract

Pelaksanaan penelitian yang dilakukan berdasarkan wawancara dan observasi guru kelas, masih terdapat siswa kelas I SDN Sitirejo yang keterampilan membaca dalam materi suku kata belum baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan apakah dengan menggunakan metode SAS dan media huruf, keterampilan membaca permulaan telah meningkat. Pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai metodologinya. Untuk mengumpulkan data penelitian ini digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode SAS dan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca dasar siswa kelas I, khususnya hasil penilaian pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan mencapai 29,1%, pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 70,8% kemudian pada siklus 3 meningkat menjadi 79,1% . Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa metode SAS yang digunakan bersama dengan media kartu huruf efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Yani, N. T., Sulianto, J., & Kholisotinniswah. (2023). 12. Penggunaan Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Permulaan Kelas I Sd Sitirejo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 94–102. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3919

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.