Peningkatan Pemahaman Kesehatan Mental Peserta Didik Dengan Menggunakan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas X-H SMA Negeri 6 Semarang
Keywords:
Kesehatan Mental, Bimbingan Klasikal, SosiodramaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terkait isu kesehatan mental pada siswa kelas X-H SMA Negeri 6 Semarang. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling ini berlasung selama dua siklus dengan dua kali pertemuan tiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas X-H SMA Negeri 6 Semarang yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologis dan observasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta didik terkait isu kesehatan mental pada siswa kelas X-H SMA Negeri 6 Semarang. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya tingkat pemahaman peserta didik sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan klasikal dengan teknik sosiodrama dari kategori rendah (Mean=52,15 ; SD= 6,428). ke kategori sedang (Mean=63,45 ; SD= 6,920). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terkait isu kesehatan mental pada siswa kelas X-H SMA Negeri 6 Semarang.
References
Agus, Mikha widiyanto. 2013. Statistika Terapan. Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Aziz, R. 2015. Aplikasi Model Rasch Dalam Pengujian Alat Ukur Kesehatan Mental di Tempat Kerja. Psikoislamika, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.18860/psi.v12i2.6402
Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Budiman, S. & Arif, M. 2017. Keefektifan Bimbingan Klasikal Berbantuan Media Audio Visual dalam Upaya Mencegah Terjadinya Pernikahan Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(2).
Center for Reproductive Health, University of Queensland, & Johns Bloomberg Hopkins School of Public Health. (2022). Indonesia –National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS): Laporan Penelitian. Pusat Kesehatan Reproduksi. https://qcmhr.org/wp-content/uploads/2023/02/I-NAMHS-Report-Bahasa-Indonesia.pdf
Daradjat, Zakiah, dkk. 2014. Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Febrianti, C., & Irmayanti, R. 2019. Teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok untuk mengatasi perilaku merokok siswa sma. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(3), 105. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i3.4631
Hurlock, E. 1996. Psikologi perkembangan. Alih bahasa: dr. Med. Metasari T. & Dra. Muslichah Z. Jakarta: Erlangga
John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga.
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Massuhartono & Mulyani. 2018. Terapi Religi Melalui Dzikir Pada Penderita Gangguan Jiwa. Journal of Islamic Guidance and Counseling, 2(2), 201–214. https://media.neliti.com/media/publications/270103-terapi-religi-melalui-dzikir-padapender-07ab15e4.pdf diakses tanggal 12 september 2023
Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. 2007. Human Development. Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Safrianti, Rita & Nelliraharti. 2022. Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa melaluı Layanan Bımbıngan Klasıkal. Journal of Education Science (JES), 8 (2), Oktober 2022 E-ISSN: 2615-5338
Sejati, Y. R., & Ghozali, G. 2021. Literatur Review Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Depresi pada Remaja. Borneo Student Research (BSR), 3(1), 626-635. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/2502
Sugiyono. 2006. Statistik untuk Penelitian. Bandung :Alfabeta.
. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Supriatna, Mamat. 2011. Bimbingan Konseling Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Tadjri, Imam. 2010. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Semarang: Widya Karya Semarang.
Wijayanti, Eka Yuli. 2022. Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Metode Sosiodrama. 32(1), 24-40 https://doi.org/10.24235/ath.v32i1.10619
Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.