Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Kerjasama Siswa Mengunakan Model Jigsaw dalam Seting Klasikal Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Semarang

Authors

  • Irvan Setiawan Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Partisipasi, Kerjasama, Jigsaw

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini untuk meningkatkan partisipasi dan kerjasama siswa kelas XI SMA Negeri 5 Semarang dengan menggunakan teknik jigsaw dalam seting klasikal. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan  selama 3 siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahap pendahuluan, tahap inti, tahap penutup dan refleksi.  Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Semarang dengan obyek penelitian berupa partisipasi dan kerjasama siswa. Instrument penelitian berupa skala psikologis dan lembar observasi yang digunakan untuk mengumpulkan data partisipasi dan kerjasama siswa dalam pembelajaran  klasikal teknik jigsaw. Analisis data hasil penelitian tindakan dilaksanakan secara deskriptif kuantitatif dengan mencari nilai prosentase. Hasil penelitian menunjukkan teknik jigsaw efektif dapat meningkatkan partisipasi dan kerjasama siswa kelas XI SMA N 5 Semarang. Hasil yang diperoleh berupa peningkatan partisipasi lebih dari 60 persen antara sebelum diberikan siklus 1 dan setelah diberikannya siklus 3.

References

Amador, J.A and Mederer, H. (2013). Migrating Successful Student Engagement Strategies Online: Opportunities and Chalences using Jigsaw Group and Problem Based Learning. Merlot Journal of Online Learning and Theaching, Vol 9 No 1.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.

Armanto, S., Armanto, D., & Harahap, M.B. (2014). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Dirman & Juarsih, C. (2014). Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Erford, Bradly. (2018). Group Work in The School. Loyola University Maryland: Perarson.

Hasibuan & Moedjiono. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Huda, M. (2014). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ihsan, F. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik : Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Johnson & Johnson. (2005). Cooperative Learning. Diakses Http://www.cooperation.orp/

KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pusat, Diakses 20 September 2023 pukul 15.30 WIB

Kusuma, Ardi Wira. (2017). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Model Jigsaw dalam Bimbingan Klasikal. Konselor. Vol 7. Hal 26-30.

Nanikmah. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Bondowoso Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Refleksi Pembelajaran. Vol 5(1).

Pratiwi, Ari Ika, (2021). Pengembangan Model Kolaborasi Jigsaw Role Playing Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Bekerjasama Siswa Kelas V SD Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Konseling Gusjigang. Vol 1(2).

Rahmawati L. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS kelas IIIB SDN Karangsari 3 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Silberman, Melvin L. (2004). Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa

Sudjana. (2005). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: PT Falah Production.

Suhardi. (2013). Peningkatan Partisipasi dan Kerjasama Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Protozoa Kelas X SMA N Pengasih. Jurnal Pendidikan matematika dan Sains. Vol 1(2)

Triana, Winy. 2018. Improving Student Cooperation Through Cooperative Learning Model Numbered Heads together (NHT) Healthy Theme Is Important Class V SD Negeri 55. University Jambi. Hal 1-15.

Tetep & Suparman, A. (2019). Students’ Digital Media Literacy: Effects on Social Character. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE). ISSN: 2277-3878, Volume-8 Issue-2S9, September 2019. DOI:10.35940/ijrte.B1091.0982S919.

Tuna, Rahmawaty. (2021). Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Kimia Melalui Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw Pada Pembelajaran Laju Reaksi Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Panguat Tahun Pelajaran 2019/2020. AKSARA. Vol 8(1).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Setiawan, I. . (2023). Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Kerjasama Siswa Mengunakan Model Jigsaw dalam Seting Klasikal Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 851–861. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5192

Issue

Section

Prosiding 2023