Peningkatan Keterampilan Kerjasama Dan Minat Belajar Melalui Model Problem Based Learning Dengan Media Puzzle Maker Pada Siswa Kelas 3 Sdn Panggung Lor Kota Semarang

Authors

  • Suwita Ningrum Universits PGRI Semarang

Keywords:

Peningkatan, Puzzle Maker, Problem Based Learning, Kerjasama, Minat Belajar

Abstract

ujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerjasama dan minat belajar peserta didik kelas III SDN Panggung Lor. Fokus penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerjasama dan minat belajar peserta didik melalui penerapan media puzzle maker melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan menarik, mempermudaj belajar dan memahami materi ajar dengan kata-kata kunci atau terminology yang terdapat pada materi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Panggung Lor. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian dapat diukur dari perolehan skor kerjasama ≥75% dengan kategori sangat tinggi dan skor minat belajar ≥75% dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media puzzle maker melalui model Problem Based Leaning dapat meningkatkan kerjasama dan minat belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor hasil observasi kerjasama peserta didik sebesar 74.1% pada siklus I, meningkat menjadi 90.6% dengan kategori sangat tinggi pada siklus II. Peningkatan skor hasil angket minat belajar peserta didik sebesar 78.7% pada siklus I, meningkat menjadi 89.9% dengan kategori sangat tinggi pada siklus II.

References

Arief S. Sadiman. et al. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1), 30-39.

Dimyati & Mudjiono (2006), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta. Djamaroh, SB (2010), Startegi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Kamdi, W dkk. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Negeri Malang. Malang.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi. A dan Supardi, S (2006), Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Wasgito, MA. (2016). Pengembangan Media Permainan Teka-Teki Silang Untuk Peningkatan Keaktivan dan Hasil Belajar. Karya Tulis Tidak Diterbitkan. SMP Negeri 2 Kalianget, Madura.

Widoyoko, Eko Putro. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wina, S (2008), Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada.

Zaini, H (2007). Metode Belajar Strategi Belajar, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bab 1 pasal 1

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Suwita Ningrum. (2023). Peningkatan Keterampilan Kerjasama Dan Minat Belajar Melalui Model Problem Based Learning Dengan Media Puzzle Maker Pada Siswa Kelas 3 Sdn Panggung Lor Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2384–2392. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5393

Issue

Section

Prosiding 2023