Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Peserta Didik

Authors

  • Nurjanah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Perilaku prososial, bimbingan klasikal, Sosiodrama

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang terdapat di SMP Negeri 6 Semarang sebagai berikut: (1) kurang peduli terhadap kesusahan teman. (2) masih ada beberapa peserta didik melakukan perilaku yang curang ketika melaksanakan ujian. (4) memberikan bantuan dengan mengharapkan imbalan. (3) beberapa siswa laki–laki tidak mau melaksanakan piket. (4) memberikan pertolongan kepada teman karena didasari oleh motif tertentu. (5) pertemanan adanya membentuk gen – geng tertentu. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Teknik Sosiodrama dapat meningkatkan Perilaku Prososial Peserta Didik Kelas Kelas VIII F SMP Negeri 6 Semarang? Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Teknik Sosiodrama untuk Mengembangkan Perilaku Prososial peserta didik Kelas VIII F SMP Negeri 6 Semarang.

Metode penelitian ini menggunakan true experimental design dengan teknik posttest- only control design sampel pada penelitian ini dipilih secara random yang kemudian dibagi menjadi 1 kelas yaitu kelas VIII F. Sampling yang digunakan adalah sampling cluster random sampling. Hasil analisis penelitian ini diketahui uji pre-test terdapat peningkatan pada uji post- test terhadap peserta didik, yang diartikan maka adanya perbedaan peningkatan perilaku prososial peserta didik terhadap kelompok sosiodrama yang diberikan perlakuan atau treatment melalui layanan bimbingan klasikal dengan teknik sosiodrama.

References

Anas, Muhammad. 2007. Pengantar Psikologi Sosial. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Bina Aksara.

, 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Bina Aksara.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Baron, Robert A. & Bryne, Donn. 2005. Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Beaty, Janice J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada media Group.

Dayakisni, Tri & Hudaniah. 2009.

Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faturochman. 2006. Pengantar Psikologi Sosial. Yogyakarta: Pustaka.

Hadi, Reni Akbar. 2006. Bekerjasama: aktivitas untuk mendorong anak suka bekerjasama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hadi, Sutrisno. 2015. Metodologi Riset.

Yogyakarta: Andi

Kusumaningrum, Intan & Maria Theresia Srihartati. 2014. Meningkatkan Perilaku Prososial Rendah Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Sosiodrama. IJGC 3 (3). UNNES. Semarang. Diunduh di http://e-jurnalscolar.ac.id.

Mercer, Jenny & Clayton, Debbie. 2012.

Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Nardi. 2015. Budaya-Bergotong royong- masyarakat. http://wordpress/read/news/2015/buda ya-bergotong royong-masyarakat.

Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis. Jakarta: Erlangga.

Prayitno & Amti, Erman. 2013. Dasar – Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka cipta.

Rahman, Agus Abdul. 2013. Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut & Kusumawati, Desak Nila. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Taniredja, Tukiran; Faridli, Eli Miftah & Harmianto, Sri. 2014. Model – Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling.

Jakarta: Rajawali Press.

Willis, Sofyan. 2009. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W.S & Hastuti, Sri. 2006. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nurjanah. (2023). Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 944–948. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5204

Issue

Section

Prosiding 2023