UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TALKING CHIP PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

Authors

  • Terisa Sari Ulum Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kepercayaan diri, Bimbingan kelompok, Talking chips

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik kelas X yang masih memiliki rasa kurang percaya diri Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan secara langsung di kelas X menunjukan bahwa peserta didik terlihat masih malu dalam menyampaikan pendapat, menghindar ketika akan ditanya oleh guru, minder, malu, takut salah dan kurang bisa menyesuaikan dengan lingkungan baru. Upaya untuk membantu peserta didik membangun rasa percaya diri, salah satu strategi layanan yang diterapkan adalah layanan bimbingan kelompok teknik talking chips. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan  layanan bimbingan kelompok teknik talking chips dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, siklus pertama bertujuan untuk mengukur sejauh mana peserta didik mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa, sedangkan pada siklus II, masalah yang belum terselesaikan pada Siklus I akan diatasi, dengan mengacu pada hasil evaluasi dari tahap sebelumnya. Instrumen yang digunakan berupa skala likert, teknik analisis data menggunakan metode One Group Pretest-Posttest dan metode uji T-Test berpasangan. Hasil analisis data menggambarkan perubahan yang signifikan dalam tingkat kepercayaan diri peserta didik setelah mengikuti intervensi menggunakan metode One Group Pretest-Posttest. Temuan menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan yang konsisten dalam tingkat kepercayaan diri setelah melalui dua siklus yang berbeda. Peningkatan juga didukung oleh hasil analisis T-Test berpasangan. Hasil uji T-Test berpasangan menegaskan perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor pre-test dan post-test pada kedua siklus intervensi. Penelitian ini membuktikan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan penerapan teknik talking chips dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang.

References

Desma Hanjani. 2019. Pengaruh Model Talking Chips Disertai Guided Note Taking Terhadap Keterampilan Komunikasi. Journal of Tropical Chemistry Research & Education. Vol 1 No. 2. Hlm : 50-54.

Destriana, Megita. 2017. Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas VIII Di Mtsn 2 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hadi, S., & Muhaimin. (2020). The Effect of Group Guidance Using Talking Chip Technique on Increasing Self-Confidence in High School Students. Journal of Educational Psychology and Counseling, 2(1), 12-22.

Hidayat, D. R., Badrujaman, A., & Surya Rsi, S. (2019). Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling SMP di Sub Rayon 01 Kota Bekasi. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 51–64.

Misnanii. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, 5(1), 1-10.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Prenada Media Grup.

Perdana, Fani J.2019. Pentingnya Kepercayaan Diri Dan Motivasi Sosial Dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar. Jurnal Edukasi Vol. VIII No. 2.2019.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60.

Rais, Muhammad R. 2022. Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 12, No. 1, Januari-Juni.

Siti, R., et al. (2021). The Relationship between Self-Confidence and Academic Achievement: A Study on Indonesian High School Students. Journal of Educational Sciences, 5(1), 80-90.

Sugiarto, S & Suhaili, N. 2022. Pentingnya Self Awareness Siswa Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tematik (JPT). Vol. 3, No. 3.

Suryani, Cicih D. 2017. Peningkatan Kepercayaan Diri melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X PS2 SMK Negeri 1 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Susanto, A., et al. (2018). The Effect of Career Development Program on Students' Self-Efficacy. International Journal of Evaluation and Research in Education, 7(1), 1-8.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ulum, T. S. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TALKING CHIP PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 987–996. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5210

Issue

Section

Prosiding 2023