Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Monopoli
Keywords:
Percaya diri, Bimbingan Kelompok, Teknik Simulasi PermainanAbstract
Berdasarkan Angket Kebutuhan Peserta Didik menunjukan bahwa siswa kelas X ULP 1 memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi permainan monopoli pada siswa kelas X ULP 1 di SMK Negeri 2 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling, dengan subjek penelitian siswa kelas X ULP 1 SMK Negeri 2 Semarang, yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan skala kepercayaan diri. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kepercayaan diri siswa setelah mengikuti layanan bimbingan kelonyapok dengan teknik simulasi permainan monopoli, persentase peningkatan yaitu dari tingkat kepercayaan diri pada 57,42% ketika pra tindakan menjadi 69% pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 83,9%. Dengan demikian, terdapat peningkatan kepercayaan diri siswa kelas X ULP 1 SMK Negeri 2 Semarang antar siklus pra tindakan, siklus I dan siklus II.
References
Ari Laili Rochmah. (2018). Pengaruh Penguatan Positif Dan Konsep Diri Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas Iv Sd Negeri Se-Kecamatan Confidence of Fourt Grade Students of State Elementary Schools in. Edisi 36 Tahun Ke 7.
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717
Asmara, T. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Berbicara Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(1), 2–7. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk%0APeningkatan
Desriana, B. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Terhadap Kepercayaan Diri. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 386. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22689
Eka, D. (2020). Bimbingan Kelompok Dengan Permainan Monopede Untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Brebes. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(02), 19–27. https://doi.org/10.24905/jcose.v2i02.56
Hamdani, M. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Reward Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 1 Jelbuk.
Hartanti., J. (2022). Bimbingan Kelompok. In UD DUTA SABLON.
Hendriana, H. (2011). Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp. Pasundan Journal of Mathematics Educations, 1(1), 18–22.
Iskandar, K., Khusniyah, E., & Anam, S. (2021). Relevansi Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Religious Studies, 1(02), 70–75. https://doi.org/10.57060/jers.v1i02.27
Kadek Suhardita. (2011). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Edisi Khusus, 1, 127–138. http://jurnal.upi.edu/abmas/view/641/efektivitas-penggunaan-teknik-permainan-dalam-bimbingan-kelompok-untuk-meningkatkan-percaya-diri-siswa(penelitian-quasi-eksperimen-pada-sekolah-menengah-atas-laboratorium-(percontohan)-upi-bandung-tahun-ajaran-2010
Marampa, E. R., & Novalina, M. (2022). Cooperative Learning dengan Metode STAD: Sebuah Alternatif dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Shanan, 6(2), 297–312. https://doi.org/10.33541/shanan.v6i2.3699
Mardhatillah, F. N., & Wahyudi, A. (2022). Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri dengan teknik Simulasi games. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2).
Marsela, F., Wahdani, N., Bahri, S., Rosita, D., & Kuala, U. S. (2023). Efektivitas Media Permainan Monopoli Dalam Terapi. 14(1), 1–13.
Maulana, R., & Prasetiawan, H. (2022). Upaya Meningkatkan Percaya Diri melalui Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 7 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 298–305.
Meutia, T., Harefa, J. A., Wijayanti, S., & Saragi, M. P. D. (2022). Efektifitas Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Kemampuan Public Speaking Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2215–2219.
Ningsih, F. R., & Awalya, A. (2020). Hubungan antara Harga Diri dan Dukungan Sosial dengan Kepercayaan Diri Siswa SMK Nusa Bhakti Semarang. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 198. https://doi.org/10.22373/je.v6i2.6915
Permata, D. G., Laily, F. N., Febriana, S., & Probowati, D. (2023). Keefektifan Permainan Simulasi Monopoli Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Kuliner Smkn 3 Blitar. 1840–1847.
Pratitis, N. T., Suroso, S., Cahyanti, R. O., & Sa’idah, F. L. S. (2021). Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24123/soshum.v2i1.3953
Putra, P., Harefa, P., Rozali, Y. A., Psikologi, F., Esa, U., & Jeruk, K. (2020). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KONSEP DIRI PADA. 1, 1–8.
Rohayati, I. (2011). Program bimbingan teman sebaya untuk meningkatkan percaya diri siswa. Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163. http://jurnal.upi.edu/file/36-ICEU_ROHAYATI.pdf
Silvia, T., Yandri, H., & Juliawati, D. (2022). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Berbicara di Depan Kelas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 9. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.5540
Sulastri, E. (2021). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa kelas IX8 SMP Negeri 3 Batang Hari 2018. Jurnal Education of Batanghari, 3(01), 100–113.
Widoyoko, R. D. T. (2019). FAKTOR PERCAYA DIRI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran Bahasa Indonesia), 1(2), 210–217.