Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Talking Chips Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X Pplg 1 Smk Negeri 2 Semarang

Authors

  • Nurfa’izah Universits PGRI Semarang

Keywords:

Efikasi Diri, Bimbingan Kelompok, Talking chips

Abstract

Berdasarkan Angket Kebutuhan Peserta Didik menunjukan bahwa siswa kelas X PPLG 1 memiliki tingkat efikasi diri yang rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efikasi diri siswa menggunakan  layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chips pada siswa kelas X PPLG 1 di SMK Negeri 2 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling, dengan subjek penelitian siswa kelas X PPLG 1 SMK Negeri 2 Semarang, yang berjumlah 34 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 8 siswa. Penelitian  ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan skala efikasi diri. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil data dari penelitian ini menunjukan peserta didik dalam pre-test mendapatkan skor rata-rata 78 kemudian post-test siklus I peserta didik mendapatkan skor rata-rata 94 dan di post-test siklus II peserta didik mendapatkan skor rata-rata 111. Berdasarkan data yang dihasilkan menunjukan bahwa penelitian pada penerapan layanan bimbingan dengan teknik talking chips untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik berhasil dan mengalami peningkatkan dalam setiap pelaksanaan, baik itu dimulai dari pre-test ke post-test siklus I dan dari post-test siklus I ke post-test siklus II.

References

Alwisol. 2019. Psikologi Kepribadian, Edisi Revisi. Malang: PT. UMM Press.

Anggoro, N., Wibowo, K., Susanto, B., & Maulana, M. A. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Interaksi Sosial. Jurnal Advice, 1(1), 44–52.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Aswida, Wela. 2012. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling, Vol. 1 No. 1, hal: 1-11.

Bandura, A. 2016. Guide for Contructing Self-efficacy Scales. USA: Sage Publising.

Dariyo. 2014. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Grasindo.

Desma Hanjani. 2019. Pengaruh Model Talking Chips Disertai Guided Note Takin Terhadap Keterampilan Komunikasi. Jurnal of Tropical Chemistry Research & Education. Vol 1 No. 2, 2019: 50-54. ISSN: 2685-5690.

Endang Agustina, O., Yuliansyah, M., Nurul Auliah, H. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Teknik Cinema Therapy Di Era NEW Normal Pada Kelas X Di SMK Negeri 3 Amuntai. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 2 No 1

Feist, Jess dan Gregory J., Feist.(2010).Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Fathurrohman Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Florina Sri & Laurence Zagote. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 2 No 2, hal:386-991

Ghufron. (2011(. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hellen. (2005). Bimbingan dan Konseling. Ciputat: PT. Ciputat Press.

Hidayat, D. R. (2013). Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Ghalia Indonesia.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Antara Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lie Anita. (2014). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana

Mulyani. (2016). Ranangan Hipotetik Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self Control. Bandung: Perpustakaan.upi.edu

Novariandhini. (2012). Harga Diri, Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Prestasi Akademik Siswa SMA Pada Berbagai Model Pembelajaran. Jur.Ilm. Kel. & Kons, Vol.5 No.2. Hal:138-146

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX Di MTS Al Hikmah Brebes. In Hubungan Antara Efikasiå Jurnal Hisbah,Vol. 13

Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil; Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: Rajawali Pers.

Pristiwanti, D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4 No. 6

Raharjo, S. A. (2014). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, dan Ketersediaan Fasilitas di Sekolah Dalam Penerapan PHBS Membuang Sampah Pada Tempatnya. Unnes Journal of Public Health, Vol.3 No. 2 http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujph

Rahma, N. A. (2011). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Islam, Vol. 8 No.2, hal: 231-246

Romlah, Tatiek. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang

Saraswati, A., & Ratnaningsih, I. Z. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XI SMK N 11 Semarang (Vol. 5, Issue 3).

Soegeng, A. Y.(2006). Dasar-Dasar Penelitian. Semarang: IKIP PGRI Press

Tohirin. (2011). Bimbingan Dan Konseling di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winkel dan Hastuti, Sri. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yacob Hariyanti, I Gusti Putu. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Tipe Talking Chips Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memahami Model Atom Bahan Semi Konduktor Di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 04 No. 03 Tahun 2015, 999-1005

Zimmerman, Barry J. (2009). Self-Efficacy and Educational Development. New York: Cambidge University Press.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nurfa’izah. (2023). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Talking Chips Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X Pplg 1 Smk Negeri 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1159–1166. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5244

Issue

Section

Prosiding 2023