MENINGKATKAN NEED FOR ACHIEVMENT SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING SYMBOLIC

Authors

  • Yasin Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Motivasi Berprestasi, Tehnik Modelling

Abstract

Ketika siswa merasakan kebutuhan akan prestasi, hal itu menciptakan landasan kuat bagi perkembangan pribadi dan akademis mereka. Kebutuhan akan prestasi menjadi sumber motivasi intrinsik yang kuat. Siswa yang memiliki dorongan ini cenderung memiliki hasrat untuk meraih tujuan mereka sendiri, bukan semata-mata karena tekanan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan need for achievement siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan tehnik modelling.  Penilitian inidilaksanakan dikelas XI  4 SMAN 14 Semarang . Metode penelitian ini yaitu metode kuantitatif.  Menggunakan analisis data dengan tehnik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 2 siklus treatmen. Tehnik pengumpulan data awal mengggunakan observasi dan instrument angket motivasi berprestasiHasil penelitian yaitu terdapat perubahan yag signifikan dari Siklua 1 ke Siklus 2. Terdapat satu anak yang naik pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analasis data  dan treatmen yang sudah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan tehnik modelling efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas XI 4 SMAN 14 Semarang.

References

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.

Corey, Gerald. 2010. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama

Dwijayanti, N. M. L. (2018). Pengaruh model konseling behavioral dengan teknik modeling dan teknik asertif untuk meningkatkan need for achievment ditinjau dari jenis kelamin siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mengwi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 2(2), 13-25.

Hamida, S., & Putra, E. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Mimbar Ilmu. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/download/39024/19656/95820 ,

Locke, E. A., & Latham, G. P. (2002). Building a practically useful theory of goal setting and task motivation: A 35-year odyssey. American Psychologist, 57(9), 705-717.

Lumongga, N, L. 2013. Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam teori dan Praktik Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Pajares, F. (2003). Self-efficacy beliefs, motivation, and achievement in writing: A review of the literature. Reading & Writing Quarterly, 19(2), 139-158.

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101.

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan.

Yuniarwati, C. T. (2018). Meningkatkan motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling pada siswa kelas xi a¬ ph 1 SMK Ni Cepu semester gasal tahun 2017/2018. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Yasin. (2023). MENINGKATKAN NEED FOR ACHIEVMENT SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING SYMBOLIC. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1019–1026. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5213

Issue

Section

Prosiding 2023