UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DENGAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER PADA LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
Keywords:
Kepercayaan Diri, Number Head Together, Bimbingan KlasikalAbstract
Kepercayaan diri adalah salah satu modal dalam kehidupan yang harus ditumbuhkan
pada diri setiap peserta didik agar kelak mereka dapat menjadi manusia yang mampu
mengontrol berbagai aspek yang ada pada dirinya, dengan kemampuan tersebut peserta
didik akan lebih matang dalam mengatur tujuan dan sasaran yang jelas, maka akan lebih
mampu dalam mengarahkan perilaku menuju keberhasilan. Bimbingan klasikal dapat
membantu peserta didik dalam menyesuaikan diri, mengambil keputusan untuk
hidupnya sendiri, dengan Number Head Together untuk melibatkan lebih banyak peserta
didik dalam menelaah materi yang tercakup dalam layanan.Terjadi peningkatan
kepercayaan diri peserta didik secara rata-rata dari kondisi awal 45 % menuju siklus 1
sebesar 64%. Sedangkan penyempurnaan yang dilakukan pada siklus 2 mampu
miningkatkan kepercayaan diri peserta didik sebesar 81%.
References
Achmad Juntika Nurihsan ,2006.
Bimbingan Dan Konseling, Bandung:
Refika Aditama.
Aldila Fitri Radite Nur Maynawati. (2023).
Penyelenggaraan Layanan Bimbingan
Klasikal Secara Daring di SMP Swasta
Se-Kabupaten Wonogiri. Jurnal Suluh
Bimbingan Konseling Vol. 8, No. 2
https://journal.umpr.ac.id/index.php
/suluh/article/view/4218
Amin, Abdul. (2018). Hubungan
Kepercayaan Diri Dengan
Penyesuaian Diri Pada Remaja. Jurnal
Psikologi Vol.5, No. 2
https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/inde
x.php/ILMUPSIKOLOGI/article/view/1828
Handayani, Yetti. (2019). Upaya
Meningkatkan Kepercayaan Diri
Melalui Bimbingan Konseling
Kelompok Pada Siswa Kelas X IPS 1
SMA Negeri 1 Weleri Semester 1
Tahun Pelajaran 2017/2018. JCOSE
Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol.
, No. 2
Ibrahim, N. (2000). Cooperative Learning.
Surabaya: Surabaya University Press.
Oktariani, Mutiya.,Barlian, Ikbal.,Fatimah,
Siti.(2017). Analisis Tingkat
Kepercayaan Diri Peserta Didik
Program Lintas Minat Pada Mata
Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 14
Palembang. Jurnal Profit Vol.4, No.2
https://ejournal.unsri.ac.id/index.ph
p/jp/article/view/5595/0